Pemprov DKI Perlu Inovasi untuk Mengubah Ciliwung

Ilham wibowo    •    Kamis, 13 Sep 2018 16:38 WIB
sungai ciliwung
Pemprov DKI Perlu Inovasi untuk Mengubah Ciliwung
Direktur Daerah Tertinggal Transmigrasi dan Perdesaan Kementerian PPN/Bappenas Sumedi Andono Mulyo. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)

Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dinilai perlu melakukan inovasi untuk mengubah Kali Ciliwung. Menjadikan Ciliwung jernih seperti sungai Cheonggyecheon, Korea Selatan, diyakini bisa terwujud.

"Perubahan itu terjadi berdasarkan inovasi di daerah, mungkin kepala daerah dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) harus mengubah cara berfikirnya," ujar Direktur Daerah Tertinggal Transmigrasi dan Perdesaan Kementerian PPN/Bappenas Sumedi Andono Mulyo kepada Medcom.id di Hotel Ashley, Jakarta, Kamis, 13 September 2018.

Masyarakat Seoul memiliki permasalahan yang sama dengan DKI Jakarta. Kebersihan sungai Cheonggyecheon baru terwujud saat terjadi perubahan cara pandang terhadap aliran air. Mereka sadar sungai adalah sumber kehidupan sekaligus sarana rekreasi untuk menurunkan tingkat stres.

Sumedi menuturkan Pemprov DKI bisa meminta resep untuk mengobati sungai sekaligus prilaku masyarakat yang belum memahami pentingnya kebersihan lingkungan. Selain hubungan sister city dengan kota di Korea Selatan, anggaran dinilai cukup untuk melakukan perubahan.

"Perubahan perilaku masyarakat, supaya tidak buang sampah di sungai, itu harus ada sosialisasi, harus ada dukungan dari masyarakat, jadi tidak hanya pemerintah daerah saja," ungkapnya.

Penyelesaian masalah pun perlu dilakukan sesuai karakteristik wilayah. Semedi menyarankan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan fokus melakukan pembangunan dengan menggaet warganya yang ingin berubah.

"Itu tadi, peran pemda dan masyarakat harus saling kuat. Mendekati permasalah berdasarkan wilayahnya seperti Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara permasalahan beda-beda nah otomatis pendekatan harus diselesaikan di situ," tandasnya.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menginginkan Kali Ciliwung seperti Sungai Cheonggyecheon, Seoul, Korea Selatan. Keinginannya itu ia sampaikan setelah blusukan ke sungai yang menjadi tempat favorit warga Korea itu.

"Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa," kata Jokowi, Selasa 11 September 2018 di Seoul.

 


(AHL)