Dinas Minta Tambahan Rp1,5 Triliun untuk Normalisasi Sungai

   •    Jumat, 19 May 2017 13:15 WIB
banjir jakarta
Dinas Minta Tambahan Rp1,5 Triliun untuk Normalisasi Sungai
Ilsutrasi normalisasi Sungai Ciliwung. Foto: MTVN/LB Ciputri

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengajukan anggaran tambahan sebesar Rp 1,5 triliun untuk normalisasi sungai tahun ini. Dana tambahan diusulkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2017.
 
Kepala Dinas SDA DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan, anggaran itu untuk mempercepat pembebasan lahan. Ia mengungkapkan, alokasi dana untuk pembebasan lahan hany Rp200 miliar. Anggaran itu dinilai tidak cukup.
 
"Tahun ini kami dapat Rp200 miliar. Makanya kami ajukan tambahan sebesar Rp 1,5 triliun dalam APBD Perubahan," kata Teguh dikutip dari situs resmi Pemerintah DKI, Beritajakarta.com, Jumat 19 Mei 2017.
 
Ia menjelaskan, anggaran tersebut akan digunakan untuk membebaskan lahan di kawasan Sungai Ciliwung, Pesanggrahan dan Kali Sunter. Terhitung masih ada ribuan bidang lahan di tiga bantaran sungai tersebut yang belum dibebaskan. "Lahan yang harus dibebaskan itu banyak. Sehingga anggarannya butuh banyak juga," ucapnya.
 
Teguh menyebutkan, sejauh ini, pihaknya telah membebaskan lahan di beberapa lokasi. Di antaranya 77 bidang lahan di Kali Sunter Kecamatan Makasar, Cipinang Melayu,  21 bidang lahan di Kecamatan Cipayung, Lubang Buaya, serta 50 bidang lahan di Kampung Melayu, Bidara Cina, Cawang dan Kebon Manggis.
 
 
 


(FZN)