Pemprov DKI akan Bangun Dermaga di Cilincing

Fauzan Hilal    •    Jumat, 15 Sep 2017 11:01 WIB
tanggul raksasa
Pemprov DKI akan Bangun Dermaga di Cilincing
Rencana tanggul raksasa di pesisir Jakarta Utara.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun dermaga di kawasan Kelurahan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Dermaga ini diperlukan untuk percepatan pengembangan terpadu pesisir Ibu Kota negara (National Capital Integrated Coastal Development/NCICD), atau lebih dikenal tanggul laut raksasa.
 
Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Gamal Sinurat, mengatakan, realisasinya masih menunggu izin dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca: Reklamasi dan Giant Sea Wall Dinilai Bukan Solusi

"Sementara ini, pembangunan tanggul di beberapa titik belum bisa dilakukan. Sebab, ada sejumlah pelaku usaha di situ," kata Gamal dilansir dari situs resmi Pemerintah DKI, Beritajakarta.com, Jumat 15 September 2017.
 
Menurutnya, pembagunan dermaga baru ini menjadi solusi terbaik yang diberikan Pemprov DKI bersama Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC).
 
"Empat dermaga akan dibangun persis di depan tanggul. Desain dermaga akan dirancang BBWSC dan  pembangunannya diserahkan kepada masing-masing pelaku usaha," katanya.

Baca: Giant Sea Wall Solusi Atasi Banjir Rob

Ia mengatakan, perlu dibuat desain karena ada elevasi yang berubah. Sekarang tanggul semakin tinggi, jadi diperlukan pengurukan untuk akses.
 
"Terkait masalah pengurukan ini akan dilakukan pembahasan bersama Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta," katanya.




(FZN)