Djarot Minta Pengurus PMI Lebih Kreatif Menarik Sumbangan

Intan fauzi    •    Jumat, 15 Sep 2017 12:05 WIB
pmi
Djarot Minta Pengurus PMI Lebih Kreatif Menarik Sumbangan
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat/MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat ingin pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) menggunakan strategi menarik warga memberi sumbangan. PMI diharapkan bisa maksimal mengumpulkan dana untuk membantu sesama.

"Saya berharap pada seluruh panitia bulan dana PMI dan jajaran pengurus PMI untuk lebih kreatif, lebih menarik , dalam rangka mengetuk warga Jakarta untuk menyisihkan sebagian rezekinya dalam membantu sesama," kata Djarot saat mengukuhkan Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta Tahun 2017 di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat 15 September 2017.

Banyak cara dapat dilakukan pengurus PMI  di luar strategi konvensional seperti menjual kupon Rp2 ribu. Meski terkesan mewajibkan warga membeli kupon, cara konvensional tetap bisa dimanfaatkan.

Djarot meminta pengurus PMI merancang kegiatan menarik yang bisa mengetuk hati warga yang berkecukupan membantu pengumpulan bulan dana PMI. Djarot prihatin masih banyak petugas nongkrong di bandara, pasar, dan tempat umum lainnya untuk menarik dana. Padahal, pengurus bisa memanfaatkan teknologi yang semakin maju.

"Ini era sudah digital. Oleh sebab itu, rancang sistem sehingga bisa nyumbang tanpa melalui kupon tapi transfer melalui rekening yang bisa dipertanggungjawabkan," terang Djarot.

Selain lebih praktis, penarikan sumbangan lewat rekening juga bisa lebih transparan. Menurut Djarot, transparansi penting dalam penggunaan dana kemanusiaan.

"Upaya-upaya kreatif anda sangat dinantikan. Saya ingin bulan bakti PMI tahun ini benar-benar mampu, bukan hanya menghasilkan dana besar tapi dikelola secara profesional termasuk alokasi penggunaannya," jelas bekas Wali Kota Blitar itu.


(OJE)