Full Day School bukan `Barang` Baru di Jakarta

Ilham wibowo    •    Senin, 19 Jun 2017 12:53 WIB
pendidikan
<i>Full Day School</i> bukan `Barang` Baru di Jakarta
ilustrasi. Foto: MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekolah lima hari bukan barang baru di Provinsi DKi Jakarta. Dinas Pendidikan (Disdik) DKI sudah mengatur teknis pengunaan waktu belajar mengajar tersebut sejak 2000. Di semua sekolah.
 
Sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta Susie Nurhati mengatakan, kebijakan sekolah lima hari diatur peraturan daerah yang hanya berlaku di Ibu Kota. Kebijakan itu serupa dengan kehadiran program Kartu Jakarta Pintar (KJP).
 
"Program Kementerian Pendidikan itu di DKI tidak menjadi masalah, karena sudah lama melakukan sekolah lima hari," kata Susie kepada Metrotvnews.com, Senin 17 Juni 2017.
 
Menurut Susie, orang tua yang siswanya sekolah di Jakarta tidak kaget dengan program baru dan akan bergulir serentak di seluruh Tanah Air Juli mendatang.
 
Sekolah setingkat SMP sederajat dan SMA sederajat di Jakarta sudah melaksanakan kegiatan belajar mengajar selama delapan jam mulai pukul 06.30 hingga pukul 14.30 WIB. Metode telah distandarisasi berdasarkan kurikulum 2013.
 
"Semua pelajaran kita berikan, jam pelajaran yang semula jatuh di hari Sabtu kita pindah ke hari yang lain," ujarnya.
 
Perbedaan penerapan program baru hanya terletak pada gaya pengajaran yang dilakukan guru kepada murid. Disdik DKI Jakarta sedang menyiapkan skema penguatan kepada tenaga pengajar. Sehingga kebijakan baru tersebut bisa diterapkan secara optimal.
 
Pada metode lama, selama delapan jam siswa hanya belajar penuh ilmu pengetahuan di ruangan kelas. Sementara metode yang baru, sekolah wajib menerapkan pembinaan karakter siswa 70 persen lebih banyak. Pembinaan karakter tersebut bisa dilakukan di luar kelas.
 
"Kurikulum 2013 penerapannya seperi itu, siswa tidak hanya berinteraksi dengan guru. Belajar tidak hanya melulu di dalam kelas, ada juga dilakukan di luar kelas," ujarnya.
 
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Pasal 2 peraturan itu menyatakan hari sekolah dilaksanakan 8 jam dalam sehari atau 40 jam selama 5 hari.
 


(FZN)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

2 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA