Waduk Brigif akan Dipasangi Water Treatment Plant

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 18 Oct 2016 20:46 WIB
banjir jakarta
Waduk Brigif akan Dipasangi Water Treatment Plant
Waduk Brigif. (MTVN/Whisnu M)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain sebagai penampungan air saat banjir di kawasan Jakarta Selatan, Pemprov DKI pun akan memasang water treatment plants atau pengolah air bersih di Waduk Brigif, Cipedak, Jakarta Selatan.

Tahun ini Pemprov DKI Jakarta akan menuntaskan proyek pembangunan waduk seluas sebelas hektare itu. Proyek akan kembali dilajutkan, setelah anggaran di APBD-Perubahan Pemprov DKI Jakarta keluar.

Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan nantinya Waduk Brigif akan memiliki beberapa fungsi. Selain sebagai penampung air hujan dan luapan air dari Kali Krukut. Air di Waduk Brigif pun akan difungsikan sebagai pasokan air bersih ke rumah-rumah warga saat musim kemarau.

Dinas Tata Air akan memasang water treatment plants. Dengan teknologi ini, nantinya air dari Waduk Brigif akan diolah menjadi air bersih yang layak komsumsi bagi warga di sekitar waduk.

"Kita kan buat pengamanannya dulu untuk kita tembok," kata Teguh saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (18/10/2016).

Tidak hanya di Waduk Brigif, Teguh pun menargetkan semua waduk di Jakarta akan terpasang water treatment plants. Total ada 105 aset waduk, embung, dan danau yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta.

"Arahnya mau kesana semua kita," kata Teguh

Dinas Tata Air DKI Jakarta rencananya tahun ini akan memaksimalkan fungsi tiga waduk besar yang ada di Jakarta Selatan. Hal tersebut guna mengatasi banjir yang kerap merendam kawasan Jakarta Selatan. Tiga waduk tersebut adalah Waduk Rawaminyak, Waduk Jagakarsa dan Waduk Brigif.


(LDS)