Warga: Sudah Selayaknya Waring Dicopot

Fachri Audhia Hafiez    •    Selasa, 13 Nov 2018 20:03 WIB
asian games 2018
Warga: Sudah Selayaknya Waring Dicopot
Waring Kali Item dicopot. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Warga menyetujui pencopotan kain waring Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat. Belakangan, waring kerap kotor dengan sampah yang dibuang oleh beberapa warga.

"Dicopot lebih baik, kadang kotor atasnya banyak ABG (anak baru gede) yang nongkrong terus buang sampah di sana," kata Eddy, 62, warga, di lokasi, Selasa, 13 November 2018.

Menurut dia, kurangnya pengawasan membuat waring menjadi tak terurus. Selain itu, aroma tak sedap yang ditimbulkan dari Kali item masih kerap tercium.

"Lebih giat lagi saja bersihinnya (petugas UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta)," ujar Eddy.

Hal yang sama juga diungkapkan Aceng, 43, pengemudi ojek daring yang mangkal di kawasan Kali Item. Dia mengatakan sebaiknya air yang mengalir di Kali Item untuk disedot.

Menurut dia, lumpur yang mengendap membuat air menjadi keruh. Terlebih, banyaknya limbah yang dibuang ke Kali Item menambah bau yang ditimbulkan.

"Air sama lumpurnya disedot juga biar baunya makin berkurang," ucap dia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menginstruksikan untuk mencopot waring Kali Item. Pencopotan mulai dilakukan hari ini.

Baca: Waring Kali Item Dicopot

Kepada Medcom.id, Penanggung Jawab Pompa Sunter Selatan dari Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dadang Darmawan mengatakan, pencopotan waring memakan waktu hingga dua minggu. Waring pun banyak dipenuhi sampah.

"Kadang buang sampah, botol segala macam di atas waring. Selain itu (pencopotan) untuk mempermudah UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta buat bekerja (membersihkan sampah)," ujar Dadang.

Beberapa petugas mencopot waring mulai dari Jembatan Marto, Jalan Dakota Raya. Pencopotan belum mencapai kawasan Wisma Atlet Kemayoran.


(OGI)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA