Stasiun Gambir Diklaim Ramah Anak

Siti Yona Hukmana    •    Jumat, 08 Jun 2018 12:51 WIB
Mudik Lebaran 2018Ramadan 2018
Stasiun Gambir Diklaim Ramah Anak
Kepala Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Dadan Rudiansyah--Medcom.id/Siti Yona Hukmana.

Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyebutkan Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, ramah anak. Hal ini, menanggapi imbuan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk memastikan jaminan keselamatan, layanan terhadap anak pada mudik lebaran 2018. 

"Menanggapi imbauan dari KPAI, KAI sebagai jasa penyedia transportasi tidak hanya mengutamakan keselamatan para penumpangnya, namun juga tetap memperhatikan kenyamanan termasuk untuk kalangan anak-anak," kata Kepala Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta Dadan Rudiansyah di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Juni 2018.

Menurut Dadan, salah satu kenyaman bagi anak-anak yakni, area bermain anak dan ruang menyusui yang bisa digunakan untuk mengganti popok anak.

Tak hanya itu, Dadan menambahkan, saat ini semua Kereta Api (KA) telah terpasang penyejuk udara (AC). Dengan begitu, ia memastikan anak-anak akan tetap merasa nyaman dan tidak kepanasan sepanjang perjalanan. 

"Di Bulan Ramadan ini pula, tenant-tenant (penyewa atau stand makanan) tetap buka. Sehingga para orangtua bisa membeli makanan untuk anak-anak selagi menunggu KA," ungkap Dadan.

Baca: KPAI Ingin Wujudkan Mudik Ramah Anak

Ungkapan ini, menanggapi imbauan KPAI yang menharapkan anak-anak tidak jajan dan makan makanan yang tidak aman saat menunggu jadwal keberangkatan. 

Sementara untuk menjamin keselamatan, Dadan mengaku telah menetapkan aturan kepada anak untuk tetap memiliki tiket. Meskipun dipangku oleh orang tuanya. Ini berlaku bagi infant atau anak berumur 1-3 tahun.  "Aturan ini dimaksudkan agar menjamin asuransi perjalanan mereka (anak-anak)," ucap Dadan.

Terlepas dari itu, KAI, kata Dadan, tetap mengimbau kepada para orangtua untuk mengawasi anaknya selama di stasiun maupun selama perjalanan di KA. 

"Terutama ya saat berada di lokasi-lokasi rawan seperti tangga di stasiun, peron, jalur rel saat akan berpindah dari peron satu ke peron lainnya, dan area di dekat pintu serta bordes di kereta," tandas Dadan. 



(YDH)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

9 hours Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA