Pembangunan MRT Jakarta Fase II Telan Rp22,5 T

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 11 Jan 2019 11:45 WIB
mrtProyek MRT
Pembangunan MRT Jakarta Fase II Telan Rp22,5 T
Rangkaian kereta MRT Jakarta. Foto: Medcom.id/Dian Ihsan Siregar

Jakarta: Dana pembangunan MRT Jakarta fase II mencapai Rp22,5 triliun yang berasal dari komitmen dengan pemerintah Jepang. Dana dipakai untuk membangun jalur sepanjang 8 kilometer.

‎"Secara keseluruhan fase I dan II‎ mencapai Rp39 triliun, panjangnya semua jalur itu 25 kilometer dari utara ke selatan," kata William saat wawancara khusus bersama Medcom.id‎, Jumat, 11 Januari 2018.

William mengaku memang dana investasi yang dikeluarkan pada fase II lebih besar, meski panjangnya tidak lebih banyak dari fase I. ‎Hal itu dikarenakan konstruksinya secara teknis lebih sulit.

"Konstruksinya itu bawah tanah semua sepanjang 8 kilometer di bawah semua dan lebih dalam karena kita akan menyusuri tunnel akan kita bangun di bawah kali Ciliwung. Dan juga ada beberapa lokasi heritage kita lalui termasuk Kota Tua," ‎jelas dia.

Baca: Depo MRT Tak Bisa Dibangun di Kawasan Stadion BMW

Selain itu, kondisi tanah yang lebih sulit karena mengarah ke pantai. Hal ini berdampak pada biaya pembangunan yang lebih tinggi.

‎"Tapi berapa pastinya ini sedang disurvei dan studi desain. Nantinya akan kita data pada saat finalisasi dan implementasi pastinya," tegas dia.




(OGI)