Metro TV Undang Lulusan SMA Kuliah Gratis di Korea

Wandi Yusuf    •    Kamis, 11 Jan 2018 17:09 WIB
beasiswa
<i>Metro TV</i> Undang Lulusan SMA Kuliah Gratis di Korea
Presiden Direktur Metro TV Suryopratomo (kanan) dan Wakil Presiden bidang Kerja Sama Eksternal dan Pengembangan Universitas Hankuk, Kim Hyun Taek, menandatangani MoU Beasiswa di kantor Metro TV, Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018. Foto-foto: Medcom.id/Wandi

Jakarta: Metro TV bersama Universitas Hankuk mengundang siswa lulusan SMA yang tertarik mengenyam pendidikan di Korea Selatan. Seluruh biaya pendidikan akan ditanggung alias gratis selama empat tahun berkuliah di sana.

"Kami memberikan kesempatan dua siswa yang sudah lulus seleksi untuk kuliah di Hankuk University. Tak perlu memikirkan biaya, termasuk biaya untuk tinggal di sana," kata Presiden Direktur Metro TV, Suryopratomo, usai penandatanganan nota kesepakatan (MoU) pemberian beasiswa antara Metro TV dengan Universitas Hankuk, di kantor Metro TV, Jakarta.

Pembukaan pendaftaran seleksi akan dilakukan dua bulan mendatang. Seleksi dilakukan dua tahap, yakni seleksi secara daring (online) dan offline.

"Seleksi secara online akan dilakukan melalui Medcom.id," kata Tomy, sapaan Suryopratomo.

Ia berharap lulusan SMA yang terpilih adalah siswa berprestasi dan kurang mampu secara finansial. Harapannya, peraih beasiswa menjadi inspirasi bagi siswa lain agar tak takut menggapai cita-cita. Dia juga berharap ada siswa Jawa dan luar Jawa yang terpilih.

Manajer Produksi Metro TV Rosalia Arlusi mengatakan seleksi akan dilakukan selama enam bulan. Seleksi akan mencari dua orang terbaik.

Siswa terpilih nantinya akan lebih dulu diperkenalkan budaya dan bahasa Korea sebelum benar-benar berkuliah di sana.

"Tahun depan (2019) barulah mereka mengikuti perkuliahan," ujar dia.

Wakil Presiden bidang Kerja Sama Eksternal dan Pengembangan Universitas Hankuk, Kim Hyun Taek, mengatakan kerja sama ini akan dicoba selama dua tahun. Jika berjalan baik, kerja sama akan diperpanjang.

Kim mengaku senang bisa bekerja sama dengan Metro TV untuk memperlebar kemungkinan pemberian beasiswa.

"Komitmen Metro TV tinggi terhadap pendidikan, makanya kami ingin bekerja sama," kata dia.

Kim menyatakan kerja sama ini pertama kalinya dilakukan dengan stasiun televisi. Selama ini Universitas Hankuk bekerja sama dengan lima universitas negeri di Indonesia.

"Ini kesempatan yang tepat bagi kami untuk mendekatkan diri melalui Metro TV dengan siswa-siswa Indonesia," kata dia.




(UWA)