Anies Baswedan Berkukuh Setop Reklamasi

Faisal Abdalla    •    Jumat, 13 Oct 2017 14:59 WIB
reklamasi teluk jakartapilkada dki 2017anies-sandi
Anies Baswedan Berkukuh Setop Reklamasi
Anies Baswedan. Foto: Antara/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Kelanjutan reklamasi ada di tangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebagai paket kepala daerah terpilih. Anies memberi sinyal akan menghentikan proyek yang digagas pemerintah pusat itu.

Anies enggan membeberkan rencananya soal proyek reklamasi. Ia mengatakan saat ini masih fokus mempersiapkan pelantikan, Senin 16 Oktober 2017. Meski begitu, ia menegaskan sikapnya masih menolak reklamasi seperti yang ia sampaikan selama kampanye.

"Kalau ada yang tanya sikap, sikap kita adalah yang tertulis dalam kampanye (menghentikan reklamasi, red.). Nanti semua saya jelaskan langkah-langkah yang sudah kita buat. Nanti setelah tanggal 16 (Oktober, pelantikan). Ini tanggal 16 dulu," kata Anies di Jakarta, Jumat 13 Oktober 2017.

Ketua tim Sinkronisasi Anies-Sandi, Sudirman Said, merekomendasikan agar dilakukan kajian secara komprehensif terhadap proses reklamasi yang sudah berjalan sejauh ini.

"Kita akan kaji aspek hukum, ekonomi, lingkungan, sampai pada kemanfaatan publik," ujar Sudirman Said di Jalan Tirtayasa II Nomor 12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat 13 Oktober 2017.

Sebelumnya, Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman resmi mencabut status moratorium Pulau G sebagai bagian reklamasi Teluk Jakarta. Surat pencabutan diteken pekan lalu oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengatakan keputusan pencabutan moratorium reklamasi merupakan kuasa penuh pemerintah pusat, bukan pemerintah daerah. Keputusan ini juga telah diketahui gubernur dan wakil gubernur terpilih.

"Enggak ada itu (wewenang) gubernur. Keinginan itu dari atas (pusat). Bahwa ini sudah dilakukan kajian dengan benar, iya. Mereka datang kemari, saya sudah jelasin," kata Luhut.




(UWA)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

1 hour Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA