Tidak Tidur Demi Monas Kembali Bersih

Dhaifurrakhman Abas    •    Selasa, 02 Jan 2018 15:46 WIB
monasperayaan tahun baru
Tidak Tidur Demi Monas Kembali Bersih
Petugas kebersihan membersihkan sisa sampah perayaan tahun baru di Monas. Foto: Medcom.id/Dhaifurrakhman Abas.

Jakarta: Pengelola Monumen Nasional (Monas) harus bekerja ekstra keras untuk membersihkan sampah hasil perayaan tahun baru, Senin, 1 Januari 2018. Segala tenaga dikerahkan untuk membuat kawasan ikon Ibu Kota itu bersih seperti sediakala.

"Jujur saja, petugas tidak tidur, overwork, agar Monas kembali bersih," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Monas Arista kepada Medcom.id di Monas, Jakarta Pusat, Selasa,2 Januari 2018.

Arista menyebutkan hal itu perlu dilakukan lantaran Monas harus dibuka lagi untuk umum pukul 08.00 WIB, Senin pagi. Pihaknya harus mengerahkan 280 orang petugas gabungan yang bahu-membahu membersihkan sisa sampah. 

Mereka adalah dua per tiga dari seluruh tim Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas hingga pemadam kebakaran. "Kalau tidak dibantu seluruh pihak, mungkin Monas masih dilauti sampah," tutur dia.

Menurut dia, hingga saat ini pihaknya terus membersihkan Monas dari sampah. Sampah yang berukuran kecil membuat pembersihan Monas membutuhkan waktu panjang. 

Salah satu masalahnya, kata dia, sampah itu terdapat di rerumputan. Pihaknya harus tetap menjaga kebersihan tanpa merusak tanaman. Hal itu dilakukan untuk mengembalikan Monas sebagai lokasi hijau di tengah Ibu Kota.

Baca: Anies tak Masalah Taman di Monas Rusak Usai Pesta Tahun Baru

Masalah lain adalah rumput Monas dikotori oleh air seni pengunjung. Bau pesing tercium tajam di lokasi itu usai acara. Petugas pemadam kebakaran harus bekerja ekstra menyirami rumput agar kembali bersih. 

Arista menyesalkan pengunjung mengotori rumput dengan air seni. Padahal, kata dia, Monas sudah memiliki lokasi toilet yang selalu dirawat.

"Kita harus konsisten menjaga rumput. Tidak dengan cara disapu seperti di jalan. Kita harus berhati-hati karena rumput juga tumbuhnya lama. Ini bukan wilayah subur," tutur dia.





(OGI)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

4 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA