Kereta TransJakarta Dirancang untuk Layani Rute di Ibu Kota

Nur Azizah    •    Selasa, 11 Apr 2017 14:44 WIB
transportasi
Kereta TransJakarta Dirancang untuk Layani Rute di Ibu Kota
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono--Metrotvnews.com/Nur Azizah

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berinovasi di bidang transportasi. Belum lama ini Pemprov DKI mengeluarkan ide untuk menambah armada transportasi kereta melalui PT TransJakarta.

Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono mengatakan, anggaran belanja kereta api sebesar Rp360 miliar. Ia memprediksi kereta menjadi solusi transportasi di Ibu Kota.

"Jadi lebih kita arahkan naik kereta. Menurut perhitungan Menteri Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (KAI), kurang 5 train set," kata Sumarsono di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Selasa, 11 April 2017

Ia menyampaikan, proyek kereta itu akan diatur oleh PT KAI. Sementara pengadaannya dilakukan PT TransJakarta.

"Jalurnya ikut PT KAI. Itu terserah kita belum ada kesepakatan sampai jalur mana. Nanti kita bicarakan. Tapi kita minta yang termasuk ke bandara," ujarnya.

Baca: Transjakarta bakal Hadirkan Kapal dan Kereta

Kereta PT TransJakarta hanya akan melayani rute di Ibu Kota. Pria yang juga menjabat Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri ini akan membicarakan proyek tersebut ke DPRD DKI terlebih dahulu.

"Akan dilaporkan ke DPRD, karena ini kan dikelola oleh BUMD, bukan SKPD. Pengadaannya tetap TransJakarta. Semua agenda-agenda yang ada di Pemprov dan BUMD tetap dilaporkan ke DPRD," ungkapnya.

Ia yakin DPRD DKI akan menyetujui rencana tersebut. "Saya yakin kalau yang terbaik buat rakyat DPRD pasti setuju. Karena dia juga mewakili kepentingan rakyat," kata dia.


(YDH)