Metro News

Pengamat Tata Kota: DP Nol Persen untuk Siapa?

   •    Jumat, 21 Apr 2017 14:27 WIB
rumahpilgub dki 2017
Pengamat Tata Kota: DP Nol Persen untuk Siapa?
Ilustrasi. (ANTARA/Prasetia Fauzani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih menjanjikan uang muka nol persen sebagai kemudahan bagi warga DKI Jakarta untuk memiliki hunian.

Pengamat Tata Kota Yayat Supriyatnya mengatakan program ini bisa terwujud, namun harus diperjelas target sasarannya siapa. Mengingat Menteri Keuangan pernah menyatakan bahwa hanya 40 persen warga bisa membali rumah tanpa bantuan pemerintah.

"40 persen lainnya harus dibantu subsidi, biasanya melalui KPR dan 20 persen sisanya warga yang menyewa saja mereka tidak mampu. Artinya nol persen itu untuk siapa," kata Yayat, dalam Metro News, Jumat 21 April 2017.

Yayat mengatakan, dp nol rupiah ini ditujukan untuk harga rumah berapa dan lokasinya dimana. Taruhlah harga Rp350 juta, harga ini untuk rumah susun dianggap cocok dengan kisaran rata-rata Rp300 juta per unitnya, tapi tidak dengan rumah tapak. 

Pertanyaan yang kemudian muncul, kata Yayat, bagi warga yang mendapatkan bantuan tersebut, DP nol persen hanyalah bantuan yang diberikan pemerintah sementara sisanya yakni menyicil ditanggung oleh warga atau seperti apa.

Sebab menurut Yayat, jika sasarannya adalah mereka yang memiliki penghasilan Rp4-7 juta per bulan, cicilannya lumayan besar. Katakanlah cicilannya 30 persen dari pendapatan tiap bulan, itu sangat memberatkan.

"Makanya harus dipertegas, apakah DP nol persen itu dalam konteks kelompok masyarakat berpenghasilan berapa juta. Karena yang dipertimbangkan sekarang ini ada sekitar 6.500 KK dari 15 ribu yang tinggal di rusun itu menunggak hampir di atas 4 bulan. Bahkan ada yang tidak mau membayar sampai setahun," kata Yayat. 




(MEL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA