Banyak Lulusan S2 Melamar Jadi Pengurus Ruang Publik Ramah Anak

Intan fauzi    •    Selasa, 18 Oct 2016 20:10 WIB
ruang publik anakrptra
Banyak Lulusan S2 Melamar Jadi Pengurus Ruang Publik Ramah Anak
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan RPTRA Rusun Marunda di Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (18/10/2016). Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Profesi pengurus Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) ternyata memiliki banyak peminat dari lulusan S2. Terbukti, sekitar 6 ribu orang melamar sebagai pengurus RPTRA.

"Banyak dari S1 dan S2. Ini yang lamar 6.000 orang. Kenapa? Mereka ngerti konsep," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama di Rusun Marunda, Jakarta Utara, Selasa (18/10/2016).

Ahok mengungkapkan, kini pemerintah sedang menyiapkan membuat Undang-undang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengatur pegawai pemerintah perjanjian kontrak (P3K) supaya mendapatkan gaji setara dengan PNS di DKI, yakni Rp13 juta.

Kata Ahok, Pemprov DKI Jakarta memang berani menggaji mahal asal mereka mampu bekerja dengan baik melayani masyarakat. Apalagi, lanjut Ahok, RPTRA menjadi lini depan dalam pelayanan.

"Jadi seluruh dinas, SKPD, lurah, camat, wali kota fokusnya adalah RPTRA. Jadi harus cari tahu, apa targetnya, memenuhi otak, perut, dompet" kata Ahok.


Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rumah Susun (Rusun) Marunda di Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (18/10/2016). Artis yang juga juru bicara tim pemenangan Ahok-Djarot, Sophia Latjuba ikut mendampingi Ahok dalam acara tersebut. Foto: MI/Arya Manggala

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI Jakarta Dien Ermawati menjelaskan, banyak dari pelamar sudah memiliki niat yang bagus.

Berbeda dengan pernyataan Ahok, Ermawati menyebut, pendaftaran ketiga ini diminati 9 ribu pelamar. Mereka pun berasal dari berbagai latar belakang. Sebagian besar pelamar merupakan lulusan S1 dan S2, serta minimal lulusan D3.

"Minat mereka ingin menggerakkan masyarakatnya maju dan sehat. Ada yang dari hotel, dari airline, memang saya kalau baca (CV mereka) ininya, saya itu sampai merinding," kata Ermawati.


Gubenur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama didampingi artis yang juga juru bicara tim pemenangan Ahok-Djarot, Sophia Latjuba berfoto bersama warga saat menghadiri peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rusun Marunda, Jakarta Utara, Selasa. Foto: MI/Arya Manggala

Namun untuk sementara ini, mereka baru mendapatkan gaji sesuai dengan upah minimum provinsi (UMP). Pengurus RPTRA bertugas mengajari anak-anak dari mulai belajar, membaca, menulis, dan berhitung. "Ngajakin main, mengajari etika, kaya orang tua," sambung Ermawati.

Pelamar melewati berbagai tes untuk menjadi pengurus RPTRA, yakni seleksi administrasi, wawancara, psikotes, Leaderless Group Discussion (LGD), dan Forum Group Discussion (FGD).

Nantinya, lanjut Ermawati, mereka yang terpilih akan ditugaskan di RPTRA yang paling dekat dengan tempat tinggal mereka.

"Satu RPTRA enam orang," ujar Ermawati.

 


(MBM)

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

Agus Pasrahkan Solusi soal Banjir ke Tim

49 minutes Ago

Agus menegaskan tidak bisa menjelaskan masalah teknis lebih detail. Karena hal itu, lanjut Agus…

BERITA LAINNYA