Pemprov DKI Mulai Terapkan e-Arsip

Fauzan Hilal    •    Sabtu, 15 Oct 2016 12:39 WIB
pemprov dki
Pemprov DKI Mulai Terapkan e-Arsip
Ilustrasi. Perpustakaan digital. Foto: Antara/Hendra Nurdiyansyah

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menerapkan arsip elektronik atau e-Arsip. Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI Jakarta telah menerapkan sistem itu sejak tahun lalu untuk menghemat kertas.
 
Kepala BPDA DKI Jakarta, Tinia Budiati mengatakan, pihaknya secara bertahap melakukan e-Arsip untuk semua dokumen yang ada di Pemprov DKI Jakarta. Pelaksanaannya dilakukan bertahap dan ditargetkan rampung pada 2022 mendatang.
 
"Perkembangan zaman ke depan semua serba elektronik, semua arsip ini harus kami perhatikan melalui arsip elektronik. Jadi yang sekarang dalam bentuk kertas harus kami alih mediakan ke elektronik," kata Tinia, dikutip beritajakarta.com, Sabtu (15/10/2016).
 
Tinia mengungkapkan, penggunaan e-Arsip memudahkan pengelolaan, pemanfaatan dan penyimpanan. "Semua ini untuk menunjang paper less, kami akan mengurangi penggunaan kertas dan gunakan elektronik," ujarnya.
 
BPDA DKI mulai menerapkan e-Arsip untuk penggunaan nota dinas antarbidang di BPKAD dan beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lainnya. "Kami sudah mulai sejak tahun lalu, tidak gunakan kertas misalnya untuk nota dinas antarbidang," ucapnya.
 
Tinia mengakui tidak semua bisa dimasukkan dalam e-Arsip. Ada beberapa arsip yang kertas fisik, seperti sertifikat tanah.
 
"Ini bertahap, kami juga bertugas untuk mengumpulkan arsip fisik, hasil penciptaan sekitar tahun lalu, bagian dari kami. Diharapkan tahun 2022 selesai, yang kertas fisik tinggal sertifikat tanah. Karena masuk surat berharga," katanya.
 


(FZN)

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

2 hours Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi …

BERITA LAINNYA