Anies Sebut Pengelolaan Limbah Hotel Belum Optimal

M Sholahadhin Azhar    •    Senin, 12 Mar 2018 15:54 WIB
pemprov dkipengolahan limbah
Anies Sebut Pengelolaan Limbah Hotel Belum Optimal
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyidak kepatuhan pengelolaan gedung di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Foto: Antara/Reno Esnir.

Jakarta: Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyebut instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) di hotel berbintang tak berjalan optimal. Hal itu dia temukan saat inspeksi mendadak (sidak) di hotel di Jakarta Pusat. 

"Grease trap (di IPAL) itu fungsinya jebakan untuk lemak, agar lemak dari dapur tidak terbawa ke saluran air, dijebak di situ. Tapi ternyata tadi luber, tidak diangkat teratur bahkan terbawa ke dalam saluran air dan tempat penampungan air sampai sudah mengeras," kata Anies di Jakarta Pusat, Senin, 12 Maret 2018.

Anies menuding pengelola hotel mengabaikan kondisi ini sudah cukup lama. Pasalnya, tak mungkin lemak menumpuk, mengendap, dan mengeras dalam waktu singkat. 

"Artinya proses ini bukan kejadian sehari dua hari. Ini artinya sudah berlangsung lama, dibiarkan," sebut dia.

Baca: Anies Tagih Komitmen Hotel Soal Lingkungan

Seharusnya, kata dia, pihak hotel sadar akan hal tersebut. Ini penting mengingat pengelolaan atas limbah berdampak langsung pada lingkungan dan menjadi tanggung jawab hotel. 

Khodijah, anggota tim pengawasan terpadu penyediaan sumur resapan instalasi pengelolaan air limbah dan air tanah, menilai IPAL tak dikelola dengan baik. Selain perangkap lemak yang tak berfungsi, meteran IPAL juga bermasalah. 

"Tidak ada yang memenuhi baku mutu sesuai yang diatur Permen LH Nomor 68, kemudian Pergub 122. Itu ya temuan kita, IPAL-nya harus diperbarui," kata Khodijah.



(OGI)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA