Sandi Janji tak Bicara Rencana Lagi

Nur Azizah    •    Rabu, 14 Mar 2018 17:21 WIB
hunian dp 0%
Sandi Janji tak Bicara Rencana Lagi
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (ketiga kiri) meninjau pedestrian di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: Antara/Sigid Kurniawan.

Jakarta: Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno berjanji tidak akan membicarakan rencana terkait hunian DP Rp0. Ia mau fokus pada realisasi.

Untuk mewujudkan programnya itu, Pemprov DKI Jakarta harus mengeluarkan peraturan gubernur terkait skema pembiayaan melalui badan layanan umum daerah (BLUD). Sandi berjanji pergub tersebut akan terbit April 2018.

"April bisa kita wujudkan dan menjadi salah satu realisasi," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 14 Maret 2018.

Sandi mengaku draf pergub BLUD tengah dirancang. Setelah itu, aturan ini bakal diperiksa dan ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dewan Pembina Partai Gerindra ini menyampaikan tugas awal BLUD ialah menerima daftar antrean dan menjembatani Pemprov DKI Jakarta dengan bank penyalur. Hingga saat ini, Pemprov DKI Jakarta belum bekerja sama dengan bank mana pun.

Baca: Sandi Bantah Selisih Paham DP Nol Rupiah dengan Anies

"Tapi sudah banyak yang mengantre, termasuk bank DKI. Kita semua akan menunggu kesiapan dari BLUD ini," ungkap dia.

Program punian DP Rp0 pertama dibangun di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Hunian yang diberi nama Klapa Village itu dibangun di atas lahan 1,3 hektare.

Hunian berbentuk rumah susun milik itu akan dibuat dua tower dengan total 703 unit. Jumlah tersebut terdiri dari 513 ukuran 36 meter persegi dan 195 hunian tipe 21 meter persegi.

Rusunami dengan tipe 21 akan dibanderol seharga Rp185 juta. Sementara itu, hunian tipe 36 akan dijual seharga Rp320 juta.



(OGI)