TransJakarta Cares dan Halte Ramah untuk Kaum Difabel

Intan fauzi    •    Rabu, 19 Oct 2016 23:03 WIB
bus transjakarta
TransJakarta Cares dan Halte Ramah untuk Kaum Difabel
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) membantu seorang penyandang disabilitas untuk naik ke bus transjakarta dengan fasilitas jalur kursi roda saat melakukan inspeksi di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (16/10). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gum

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan dua fasilitas baru di Ibu Kota yang bisa melayani kaum difabel.

TransJakarta Cares

PT TransJakarta meluncurkan layanan khusus bagi difabel yang dinamai Transjakarta Cares. Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono mengatakan, layanan baru ini merupakan bentuk tanggung jawab dari Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 160 Tahun 2016 tentang Pelayanan TransJakarta Gratis dan Bus Gratis Bagi Masyarakat.

"Dengan layanan ini, diharapkan kaum difabel tidak menjumpai hambatan dalam mendapatkan moda transportasi yang aman, nyaman dan murah," kata Budi saat peresmian TransJakarta Cares di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2016).

Sebagai tahap awal, lima unit mobil Transjakarta Cares diresmikan hari ini. Empat diantaranya merupakan donasi dari pihak swasta. Mobil tersebut akan diawaki oleh satu orang pramudi dan satu orang petugas khusus yang sudah dilatih untuk melayani difabel.

"Kami menargetkan untuk mengoperasikan 40 unit kendaraan dalam waktu dekat. Untuk itu kami mengetuk hati pihak swasta agar dapat mendonasikan kendaraan dalam program layanan ini," jelas Budi.

Untuk saat ini, Transjakarta Cares baru melayani dua zona yakni Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Dua zona ini diutamakan karena, berdasarkan data, di dua wilayah tersebut paling banyak difabel.

Layanan ini beroperasi dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB setiap harinya. Pelanggan TransJakarta difabel dapat memesan mobil TransJakarta Cares dengan menghubungi call center 1500 102 satu hari sebelumnya. Penjemputan akan dilakukan di lokasi asal pelanggan untuk diantar ke halte ramah difabel terdekat.

Halte Ramah Difabel

Untuk mendukung TransJakarta Cares, lanjut Budi, PT Transjakarta juga telah membuat halte ramah difabel. Saat ini sudah ada 10 halte yang memiliki JPO ramah difabel dan 75 halte ramah difabel yang dapat digunakan.

"Kami sedang melakukan pembenahan semua fasilitas tersebut," ujar Budi.

Proyek halte ini juga dilengkapi dengan toilet untuk pelanggan TransJakarta dan bisa digunakan untuk masyarakat difabel. Namun penggunaan toilet dikenakan biaya Rp2 ribu dan sementara ini gratis sampai 31 Oktober 2016.

"Kami sedang mengembangkan sistem tap in dalam menggunakan toilet untuk mendukung cashless society Rp2 ribu," jelas Budi.

Untuk memudahkan pelanggan, halte ramah difabel diberi cat warna hijau muda (toska) pada tiang ram jembatan penghubung dengan JPO. Halte ramah difabel tersebar di seluruh koridor di lima wilayah Jakarta. Ke depannya halte ramah difabel akan dilengkapi sign block berbentuk kursi roda sebagai penanda halte ramah difabel.


(DEN)