Demonstran Rusak Tanaman, Ahok: Pada Mau Tanggung Jawab Enggak?

LB Ciputri Hutabarat    •    Jumat, 14 Oct 2016 19:49 WIB
unjuk rasa
Demonstran Rusak Tanaman, Ahok: Pada Mau Tanggung Jawab Enggak?
Kondisi tanaman rusak parah akibat diinjak demonstran yang unjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta. (Foto: Metrotvnews.com/Whisnu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Siang tadi ribuan demonstran dari Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ) berorasi di depan Kantor Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Mereka banyak menginjak tanaman yang terletak tepat di depan Balai Kota.

Pria yang karib disapa Ahok itu tak banyak komentar soal tanaman yang dirusak demonstran. Dia geleng kepala menyadari banyak tanaman yang rusak saat demo berlangsung.

"Makanya mereka pada mau tanggung jawab enggak? Enggak pernah kan?" kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (14/10/2016).

Sukria, petugas taman Balai Kota DKI, pasrah melihat nasib tanaman hias yang runduk karena diinjak. Sukria mengaku akan bekerja semalaman membuat taman terlihat asri kembali seperti semula.

"Harus bersih hari ini, besok tidak boleh ada yang sisa. Tiap demo memang perlakuannya seperti ini di lapangan," kata Sukria.

Tak hanya diinjak, sebagian dedaunan dicabut sebagai alas duduk. Sukria tak habis pikir. Padahal, taman hias baru saja disulam beberapa hari yang lalu.

"Tahunya demo lagi, jadi rusak lagi," keluh Sukria.

Ketua Front Pembela Islam Habieb Rizieq sempat memerintahkan agar aksi berlangsung damai dan tertib. Rizieq juga meminta demonstran tak melakukan perusakan fasilitas umum.

Tapi, sebagian besar demonstran justru menginjak tanaman hias sebagai upaya mencari jalan pintas. Tak hanya itu, sampah pun banyak berserakan ketika demonstran meninggalkan Balai Kota.


(MEL)