Anies Duga Kebocoran Tanggul Pantai di Muara Baru Disengaja

Nur Azizah    •    Kamis, 17 Jan 2019 01:58 WIB
banjir jakartatanggul pantai
Anies Duga Kebocoran Tanggul Pantai di Muara Baru Disengaja
Air mengucur dari tanggul pengaman pantai yang bocor di kawasan Muara Baru. Foto: Antara/Aprillio Akbar.

Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menduga kebocoran tanggul pantai di Muara Baru, Jakarta Utara, karena faktor kesengajaan. Pasalnya, tanggul sepanjang 300 meter itu dibangun tanpa melibatkan masyarakat sekitar.

"Salah satu masalahnya tidak berbicara dengan warga. Main patok saja pasang di situ," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu, 16 Januari 2019

Anies menyampaikan, bocoran tanggul pantai dipakai untuk tempat bersandar kapal. Kerusakan seolah disengaja untuk memudahkan akses pembuangan air yang masuk ke pemukiman.

"Kebanyakan dipakai tempat parkir kapal, untuk warga membuang air dari dalam ke luar. Ini karena tidak berbicara dengan warga. Ketika berbicara dengan warga, solusinya bisa diselesaikan sama-sama. Jadi, bukan bocor karena air atau karena rusak. Tapi karena ada kebutuhan," ucap dia.

Solusi sementara, Anies bakal menyiagakan pompa di kawasan tersebut dan kemudian menambal ulang. Jangka panjangnya, Anies bakal berkoordinasi lagi pada warga terkait pembangunan tanggul.

"Yang berikutnya harus bicara dengan warga, kebutuhan mereka apa sehingga tanggul itu tidak menutup mata pencarian," ungkap Mantan Mendikbud ini.

Pembangunan tanggul pantai Muara Baru merupakan proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) fase A. Tanggul pantai di Muara baru akan dibangun sepanjang 1,04 kilometer.

Seharusnya, pengerjaan tanggul pantai di Kamal Muara sudah mencapai 740 meter. Namun terkendala dengan proses pembebasan lahan.


(HUS)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA