Realisasi Investasi Semester Pertama di DKI Rp48,6 Triliun

Fauzan Hilal    •    Minggu, 06 Aug 2017 10:32 WIB
realisasi investasi
Realisasi Investasi Semester Pertama di DKI Rp48,6 Triliun
Ilustrasi. Foto: Antara/Andika Wahyu

Metrotvnews.com, Jakarta: Realisasi investasi di Jakarta pada semester pertama 2017 mencapai Rp48,6 Triliun. Jumlah ini meningkat 63,1 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, sebesar Rp 29,8 Triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta, Edy Junaedi, mengatakan, peningkatan raihan semester awal tahun dipicu peningkatan investasi pada triwulan kedua.

Dijabarkan Edy, selama triwulan kedua tahun ini realisasi investasi di DKI Jakarta diperoleh dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp10,2 triliun atau naik 96,2 persen dari periode sama di 2016 sebesar Rp 5,2 triliun. Sedangkan penanaman modal asing (PMA) yang masuk sebesar Rp14,6 triliun atau meningkat 2,8 persen dibanding periode sama tahun 2016 sebesar Rp14,2 triliun.

“Kita melakukan berbagai inovasi layanan untuk memberi kemudahan berusaha, percepatan realisasi dan kepastian perizinan investasi. Kita berharap ini dapat meningkatkan realisasi investasi," kata Wdy dikutip dari situs resmi Pemerintah DKI, Beritajakarta.com, Minggu 6 Agustus 2017.

Edy mengungkapkan, realisasi investasi DKI (PMDN dan PMA) pada triwulan kedua tahun ini sebesar Rp24,8 triliun,  memiliki kontribusi sebesar 14,5 persen dari keseluruhan investasi di Indonesia pada triwulan II 2017 sebesar Rp170,9 triliun.   

Capaian ini, kata Edy, menorehkan DKI Jakarta bersama Jawa Barat sebagai provinsi terbesar realisasi investasi (PMDN dan PMA) berdasarkan lokasi proyek. " Sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran, paling diminati pemodal asing," ujarnya.




(FZN)