Moratorium Reklamasi Pulau C dan D Dicabut Pekan Ini

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 06 Sep 2017 13:28 WIB
reklamasi teluk jakarta
Moratorium Reklamasi Pulau C dan D Dicabut Pekan Ini
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Foto: Metrotvnews.com/Dheri Agriesta

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) segera mencabut sanksi administrasi atas reklamasi pulau C dan D. Hal ini disampaikan Menteri LHK Siti Nurbaya usai rapat koordinasi bersama Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Bappenas di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

"Akan dicabut (sanksi administrasi). SK-nya lagi dibikin. Minggu ini kita selesaikan," kata Menteri Siti di Kemenko Maritim, Jakarta Pusat, Rabu, 6 September 2017.

Siti menjelaskan PT Kapuk Naga Indah selaku pengembang pulau C dan D sudah memenuhi 11 poin sanksi administrasi yang diminta Kementerian LHK selama moratorium. Pembenahan tersebut, kata dia, dilaksanakan selama 14 bulan terhitung Mei 2016.

"Misalnya, kita minta dia hentikan operasional, dia lakukan. Kemudian, kita minta dia ubah dokumen lingkungannya, amdalnya sudah diubah," kata Siti.

Sebelumnya, Kementerian LHK meminta data material yang dibawa ke pulau tersebut. Pengembang juga diminta merapikan pinggiran pulau dan membenahi pengerukan. Pengerukan harus dirapikan agar tak mengganggu jalur pelayaran.

"Izin-izin seperti sistematika kontrak, aturan bolak balik material, dan beberapa syarat administrasi lainya sudah kita minta. Dan mereka sudah lakukan," kata Siti.

Baca: Walau Ada HGB, Pulau D Belum Bisa Dibangun

Pekan ini Menteri Siti akan bersurat kepada Pemprov DKI Jakarta soal penghapusan sanksi administrasi. Untuk pulau G, Siti menyatakan masih diproses.

"Pulau G sanksinya berbeda. Harus didalami lagi. Saya akan minta tim bekerja. Di rapat juga sudah diminta agar dalam 1-2 minggu ini sudah dikerjakan," kata Siti.




(UWA)

Setnov Tak Menyangka Langsung Ditahan KPK

Setnov Tak Menyangka Langsung Ditahan KPK

48 minutes Ago

Usai menjalani pemeriksaan awal di KPK, tersangka kasus korupsi KTP-el Setya Novanto ditempatka…

BERITA LAINNYA