Pesohor dan Narkoba

   •    Selasa, 01 Aug 2017 11:45 WIB
narkobaselebritas
Pesohor dan Narkoba
Ilustrasi. (Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Boleh dikatakan, hubungan narkoba dengan kalangan pesohor dalam negeri begitu erat. Banyaknya selebritas yang terjerat sebagai buktinya.

Kasubdit 2 Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Dony Alexander menyebut salah satu permintaan paling tinggi akan narkoba datang dari kalangan selebritas. Hal inilah yang melatarbelakangi narkoba sukses menjerat para pesohor.

"Faktor lainnya karena lingkungan dan stres akibat pekerjaan," ungkapnya, dalam News Story Insight, Selasa 1 Agustus 2017.

Kasus pengungkapan narkoba teranyar adalah yang menjerat selebritas tanah air yang tenar dengan nama panggung Pretty Asmara. Perempuan bertubuh tambun ini kedapatan mengedarkan narkoba kepada sejumlah artis yang Ia ajak berpesta di salah satu tempat hiburan malam di Jakarta.

Baca juga: Edarkan Narkoba, Pretty Asmara Terancam 5 Tahun Penjara

Dony menyebut, Pretty adalah perantara yang menyiapkan barang haram untuk diedarkan kepada para selebritas langganannya. Tak cuma langganan, Pretty kerap mengundang pesohor lain untuk ikut dalam pesta yang sudah disusupi narkoba.

"Barang haram itu berasal dari target operasi kita atas nama Hamdan sebagai bandar. Informasi dari masyarakat, yang bersangkutan kerap menyuplai barang-barang tersebut ke kalangan artis. Hamdan ini bosnya," kata Dony.

Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima kepolisian, Hamdan memang khusus mengedarkan narkoba ke kalangan selebritas. Dari hasil pendalaman rupanya Hamdan dan Pretty tinggal satu atap sebelum dilakukan penyelidikan dan penangkapan.

Baca juga: Jakarta Jadi Target Pasar Narkoba Akibat Penegakan Hukum Lemah

Hamdan disebut sebagai orang yang sangat dekat dengan Pretty. Kata Dony, indikasinya mungkin sudah beberapa kali, hanya perlu pendalaman lebih lanjut. Yang pasti Hamdan memang sering menyiapkan barang harap itu untuk para artis.

Di sisi lain menurut Dony, secara sosial dan psikologis seperti tekanan pekerjaan menjadi alasan paling mendasar mengapa banyak pesohor terjerat narkoba. Sabu adalah barang yang paling banyak dikonsumsi pesohor untuk tetap membuat performa terus prima tanpa memandang waktu dan lelah.

"Sebagai gaya hidup dan faktor lingkungan. Dari kalangan pengguna mungkin akan mencari teman-temannya untuk menemani, memberikan motivasi untuk menggunakan seperti membayarkan dulu, dan begitulah (cara kerja) komunitas mereka (selebritas)," jelas Dony.

Baca juga: BNN tak Heran Artis Kembali Tersandung Narkoba




(MEL)