Adhyaksa Tekankan Pentingnya Peran Pemuda

Fauzan Hilal    •    Senin, 30 Oct 2017 15:00 WIB
pramuka
Adhyaksa Tekankan Pentingnya Peran Pemuda
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault. Foto: MI/Palce Amalo

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, menekankan pentingnya peran pemuda di era globalisasi. Gempuran budaya luar dan semakin majunya teknologi harus dibarengi dengan sumber daya manusia yang mumpuni.
 
Hal itu dikatakan Adhyaksa saat menutup Lomba Tingkat Lima (LT-V) yang berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur. Lomba diikuti 528 Pramuka tingkat Penggalang (11-15 tahun) dari seluruh Indonesia.

Baca: Presiden: Gerakan Pramuka Harus Melakukan Terobosan

"Semoga keikutsertaan lomba dari awal sampai akhir memperluas wawasan adik-adik sekalian. Karena kemajuan negara ini di masa depan ada di tangan kalian," kata Adhyaksa, Senin 30 Oktober 2017.
 
Adhyaksa meminta seluruh peserta lomba sekembalinya ke daerah masing-masing langsung menemui orangtua masing-masing untuk meminta maaf. "Selain itu juga berterima kasih kepada orangtua yang selama ini membesarkan kalian dengan penuh kasih sayang," ujarnya.
 
Ratusan peserta mengikuti berbagai jenis lomba selama beberapa hari, seperti lomba kekompakan, kemandirian, kedisiplinan, sopan santun dan lainnya. Lomba tersebut telah berakhir pada Sabtu malam dan ditutup langsung oleh Adhyaksa didampingi.
 
Hadir malam itu antara lain Prof. Dr. Budi Prayitno, Prof. Dr. Ir. Wan Abbas, Dr. Susi Yuliati, Dr. Ridjal Kotta, Marbawi, Para Andalan Nasional dan Perwakilan Kwartir Daerah.
 
"Lomba ini hanya sekali digelar dalam lima tahun. Ada tiga kategori regu berprestasi dalam lomba ini yaitu regu berprestasi tinggi, baik, dan cukup, baik putra maupun putri," jelas Adhyaksa.

Baca: Tim Siber jadi Program Prioritas Pramuka

Berikut hasil resmi yang diumumkan Nurdin Hasan, panitia lomba: Regu Putra: (1). Regu Berprestasi Tinggi: Regu Gagak Hitam, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung, nilai: 2.493,65. (2). Regu Berprestasi Baik: Regu King Cobra, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, nilai: 2.493,00. (3).
 
Regu Berprestasi Cukup: Regu Garuda, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta, nilai: 2.490,09.
 
Regu Putri, (1) Regu Berprestasi Tinggi : Regu Piros, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Tengah, nilai: 2.554,5. (2) Regu Berprestasi Baik: Regu Matahari, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, nilai: 2.509,04. (3) Regu Berprestasi Cukup : Regu Lily Biru, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta, nilai: 2.502,04.
 
Ketua Regu Gagak Hitam dari Kwarda Lampung, David Ramadhan mengaku inilah momen terbaik sepanjang hidupnya. "Ini pertama kali Lampung juara di LT-V, ini sangat membanggakan," kata David.
 



(FZN)