Presiden Beri Bantuan Ibu Hamil dan Pelajar di Wonosobo

Lis Pratiwi    •    Minggu, 18 Jun 2017 02:19 WIB
presiden jokowi
Presiden Beri Bantuan Ibu Hamil dan Pelajar di Wonosobo
Presiden Joko Widodo membagikan ribuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk siswa dan beragam bantuan lain di Wonosobo, Jawa Tengah. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman

Metrotvnews.com, Wonosobo: Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu 17 Juni 2017. Dalam kunjungan ini, Presiden membagikan ribuan bantuan kepada warga mulai dari pelajar hingga ibu hamil.

Pemberian Makanan Tambahan (PMT) diserahkan kepada 700 penerima yang terdiri dari ibu hamil, anak balita dan siswa sekolah dasar. Terkait PMT Presiden pun menjelaskan aturan mengkonsumsinya.

"Ingat ya komposisi gizi biskuit ini tinggi sekali, jangan mengkonsumsi berlebihan," ucap presiden di lokasi pembagian PMT dan Program Keluarga Harapan (PKH) di Pendopo Kabupaten Garung Wonosobo.

Sedangkan melalui PKH, pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp1,89 juta kepada 975 penerima. "PKH ini tidak boleh untuk beli rokok. Hanya boleh untuk anak-anak kita sehingga anak-anak cerdas dan tidak ada yang putus sekolah," kata presiden.

Setiap memberi PMT dan PKH, presiden pun mengingatkan orang tua akan pentingnya asupan gizi bagi anak-anak sejak dalam kandungan. Sebab anak yang cerdas dan sehat menjadi modal besar bagi sebuah negara untuk memenangkan persaingan dalam beberapa tahun ke depan.

"Kalau di dalam kandungan gizinya baik anak kita akan sehat, anak kita akan pintar. Jangan sampai anak-anak kita nanti kalah bersaing dengan anak-anak dari negara-negara lain,” ucap presiden.

Bagikan Kartu Indonesia Pintar

Di lokasi berbeda, Presiden membagikan 1054 Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada  pelajar. Sebanyak 432 kartu dibagikan untuk siswa SD, 141 kartu untuk siswa SMP, 132 kartu untuk siswa SMA dan 239 kartu untuk siswa SMK. Untuk Paket A dan Paket B masing-masing mendapat 5 kartu dan 15 kartu.

Presiden juga memberikan dana bantuan kepada para pelajar tingkat SD sebesar Rp450 ribu per tahun. Untuk pelajar SMP, diberikan Rp750 ribu. Sedangkan untuk tingkat SMA maupun SMK, diberikan dana bantuan sebesar Rp1 juta per tahun.

"Beli pulsa boleh ndak? Tidak boleh. Kalau nanti ketahuan yang beli pulsa, kartunya dicabut. Janjian ya,” tutur presiden di lokasui pembagian KIP di Gedung Sasana Adipura, Kabupaten Wonosobo.

Dalam kunjungan ini presiden didampingi Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.


(SUR)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

2 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA