Menteri Susi Akui Sering Dimarahi Guru Ketika SMA

   •    Jumat, 21 Apr 2017 03:21 WIB
susi pudjiastuti
Menteri Susi Akui Sering Dimarahi Guru Ketika SMA
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Foto: Grafik MTVN

Metrovnews.com, Tangerang: Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, tak sungkan mengakui bahwa dirinya kerap dimarahi sang guru saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun bukan lantaran nakal, melainkan justru karena hobinya membaca buku pada saat jam pelajaran.

"Di sekolah suka ditegur karena baca buku yang engga sesuai dengan materi. Selalu diomelin karena engga memperhatikan pelajaran, sibuk baca buku sendiri," ujarnya disambut gelak tawa para pengunjung pameran buku Big Bad Wolf saat acara pembukaan di Indonesia Convention Exhibition Bumi Serpong Damai (ICE BSD), Tangerang Selatan, Kamis 20 April 2017.

Seraya mengenang, Susi mengaku bukan hanya sering kena marah karena asik membaca buku saat di kelas, dirinya pun memiliki kebiasaan meminjam catatan milik teman sebangkunya yang kebetulan mantan Rektor Universitas Gadjah Mada, Dwikorita Karnawati.

"Itu dulu zaman sekolah. Saya pintar wajar karena memang orang-orang di sekeliling saya pintar semua," ucap dia.

Akan tetapi, meski lebih memilih dimarahi guru karena hobinya membaca buku bacaan lain di kelas, tak lantas menjadikannya seorang yang tidak berhasil. Terbukti, sebelum akhirnya dipercaya menjadi salah satu menteri dalam Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla 2014-2019, Susi merupakan seorang pengusaha pemilik dan presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product.

Lebih jauh, pada intinya ia berpesan bahwa terlepas dari buku apa yang dibaca, menanamkan kebiasaan gemar membaca sangat penting. Sebab ilmu pengetahuan bukan hanya berasal dari bangku pendidikan di sekolah formal, melainkan banyak yang diperoleh dari kebiasaan membaca.

"Saya kadang merasa sering di bully karena danggap tidak berpendidikan. Saya memang sekolah resmi sampai kelas dua SMA saja, tapi pengetahuan saya banyak karena membaca," jelas dia. (MI)


(SCI)