Pramuka Ajak Pemuda Jaga Kesatuan NKRI

Fauzan Hilal    •    Kamis, 23 Feb 2017 15:00 WIB
pramuka
Pramuka Ajak Pemuda Jaga Kesatuan NKRI
Pramuka gelar bendera di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Kamis 23 Februari.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pramuka mengajak pemuda Indonesia menjaga kesatuan NKRI. Hal itu ditandai dengan digelarnya bendera merah putih sepanjang 200 meter oleh 34 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Kamis 23 Februari.
 
“Alhamdulillah sore ini ketua-ketua Kwarda maupun yang mewakili dari seluruh Indonesia hadir. Tadi sore kita memegang bendera putih sepanjang 200 meter, setiap orang juga memegang bendera merah putih kecil. Tujuannya untuk mengokohkan kembali persaudaraan kita dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Kepala Pusdiklatnas Gerakan Pramuka, Suyatno, Kamis 23 Februari.
 
Selain itu, juga diadakan acara refleksi hari lahir Hari Baden Powell yang dipimpin langsung Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault.
 
Adhyaksa menuturkan, meskipun setiap orang tidak bisa seperti Baden Powell tetapi paling tidak orang itu bisa bermanfaat untuk orang banyak dan bermanfaat untuk kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
“Ada banyak teladan di dunia ini, semua mengajarkan semangat agar kita selalu berpikir dan bekerja untuk kebahagiaan orang lain. Bung Karno, Bung Hatta, dan lain-lain semuanya lebih memikirkan bangsanya ketimbang dirinya," jelas mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu.
 
"Bisa jadi yang kita lakukan seperti titik air di tengah lautan,  tapi dari titik air itu telah turut menciptakan ombak  bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Pramuka sebagai pendidikan non formal mempunyai Dasa Darma yang luar biasa dan Trisatya yang menjadi landasan bagi gerakan kita sumber moral bagi kita," tandasnya.


(FZN)