ICMI Ajak Wartawan 'Ngaji Konstitusi'

Faisal Abdalla    •    Rabu, 09 Aug 2017 23:50 WIB
pancasila
ICMI Ajak Wartawan 'Ngaji Konstitusi'
Ketua Dewan Penasihat ICMI Jimly Asshiddiqie. Foto: MTVN/Ilham Wibowo.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshidiqie mengajak wartawan untuk berdiskusi membicarakan persoalan negeri. Diskusi tersebut diberi nama "Ngaji Konstitusi".

ICMI berencana menggelar forum diskusi tersebut setiap seminggu sekali. Menurut Jimly tujuan diadakannya forum tersebut adalah untuk menularkan semangat menjaga komitmen negara bangsa dalam wadah NKRI yang berdasar pada Pancasila dan UUD 1945.

"Topik yang akan kita bahas bersama mengikuti perkembangan isu yang terjadi dilihat dalam perspektif konstitusi, yaitu Pancasila dan UUD," ujar Jimly di Kantor Pusat Kegiatan ICMI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 9 Agustus 2017.

Jimly juga mengatakan gelombang demokrasi saat ini ditambah dengan perkembangan sistem teknologi informasi dan komunikasi membuat bangsa Indonesia menjadi masyarakat yang bebas. Namun, menurutnya, ditengah-tengah kebebasan itu bangsa Indonesia perlu diingatkan akan pentingnya menjaga konstitusi sebagai suatu kesepakatan bersama sebagai anak bangsa.

"Kita sebagai bangsa plural sudah sepakat hidup bersama dalam NKRI yang berdasar pada Pancasila. Khusus mengenai NKRI tidak dapat diadakan perubahan. Kita harus menyebarluaskan kesepakatan itu," terang Jilmy.

Untuk sementara, ICMI akan mengajak para wartawan untuk berdiskusi dalam forum Ngaji Konstitusi setiap hari Rabu. Namun demikian, Jimly mengatakan pemberitahuan mengenai tempat dan waktunya bisa terjadi perubahan dan akan diberitahukan lebih lanjut. 


(LDS)

Kematian Saksi Kunci KTP-el (3)

Kematian Saksi Kunci KTP-el (3)

3 hours Ago

Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat ikut menyediakan teknologi perekaman KTP-el. Terselip na…

BERITA LAINNYA