Pemuda Merupakan Senjata Rahasia Indonesia

Lis Pratiwi    •    Sabtu, 12 Aug 2017 14:26 WIB
kepemudaan
Pemuda Merupakan Senjata Rahasia Indonesia
Sejarawan Universitas Indonesia Bondan Kanumoyoso. MI/M Irfan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Generasi muda dipercaya bisa menjadi senjata rahasia bangsa. Kekuatan pemuda telah terbukti saat menumbangkan rezim orde baru yang dipimpin Presiden Suharto.

Sejarawan Universitas Indonesia Bondan Kanumoyoso mengatakan, hal ini bukan disebabkan pemuda Indonesia takut dan hanya datang saat situasi krusial. Namun, pemuda bersikap bijak dengan mengetahui posisinya dalam tatanan negara.

"Mereka (pemuda) menyadari bahwa tugas utamanya adalah membentuk dan mempersiapkan diri mereka untuk melanjutkan diri mereka sebagai penerus bangsa," katanya dalam diskusi 'Siapkah Menjadi Indonesia?' di Jakarta Pusat, Sabtu 12 Agustus 2017.

Bondan menambahkan, kekuatan pemuda ini telah menjadi aset negara sejak masa sebelum kemerdekaan. Bahkan, tahap awal pembentukan identitas Indonesia berasal dari organisasi pergerakan pemuda yang muncul seperti Budi Utomo dan Jong Java.

Sejarah ini dimulai sekitar tahun 1928. Meski tokohnya berbeda di setiap masa, pemuda tetap menjadi tombak utama pergerakan. Menurut Bondan, tidak banyak bangsa di dunia yang menonjolkam peran anak muda dalam perjuangannya.

"Ini ada satu kesinambungan. Istilahnya tahun 1945 itu revolusi pemuda, tapi munculnya kekuatan pemuda ini sejak awal jauh sebelum kemerdekaan," tambah Bondan.

Bondan melanjutkan, usai melewati masa krisis, pemuda akan kembali menjalankan tugas dasar mereka, belajar. Lembaga pendidikan baik modern maupun tradisional seperti pesantren dan surau pun turut membantu pembentukan karakter mereka.

"Beda dengan Amerika Serikat karena kita punya lembaga pendidikan yang menyiapkan pemuda kita. Itu juga semacam persiapan bagi pemuda dalam memainkan peran yang lebih krusial," pungkas Bondan.


(DRI)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA