Mendagri Minta Gratiskan Pembuatan KTP dan 1 Jam Selesai

Djoko Sardjono    •    Kamis, 11 Dec 2014 16:59 WIB
mendagri
Mendagri Minta Gratiskan Pembuatan KTP dan 1 Jam Selesai
Tjahjo Utomo. Antara/Regina Safri

Metrotvnews.com, Klaten: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta agar pemerintah daerah memberikan pelayanan masyarakat dengan mudah, cepat, dan tanpa dipungut biaya.

"Untuk pelayanan kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), dan akta kelahiran, termasuk perizinan jangan dipungut biaya," tegasnya.

Hal itu dikemukakan di Kantor Kecamatan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (11/12/2014). Dalam kesempatan itu, Mendagri didampingi Bupati Sunarno melihat pelayanan KTP, KK, dan perizinan di kantor tersebut.

"Saya minta agar masyarakat digratiskan dalam mengurus administrasi kependudukan dan perizinan usaha kecil. Kalau untuk usaha besar tidak apa-apa dipungut biaya," jelasnya.

Mendagri menekankan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, pengurusan KTP dan KK 1 jam selesai. Karena, sistem dan mekanisme pelayanan kependudukan itu sudah online.

Terkait dengan pelayanan di Kantor Kecamatan Prambanan, Mendagri menilai bahwa pengurusan KTP, KK, dan perizinan sudah cukup baik, serta mudah dan cepat.

Dalam kunjungannya di Kecamatan Prambanan, Tjahjo juga sempat berbicara di depan peserta pelatihan tentang penulisan usulan (TPU) PNPM Mandiri Perdesaan 2015.


(PRI)