Hambatan Utama Penyandang Disabilitas adalah Lingkungan Sosial

   •    Selasa, 18 Jul 2017 09:34 WIB
penyandang disabilitasbullying
Hambatan Utama Penyandang Disabilitas adalah Lingkungan Sosial
Ilustrasi. (Foto: MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tindakan bullying yang dialami mahasiswa penyandang autisme di sebuah kampus di Depok, Jawa Barat, mengundang banyak keprihatinan. Ironisnya, dalam video yang viral di media sosial itu tampak para mahasiswa lain yang menyaksikan aksi perundungan tak bisa berbuat apa-apa.

Padahal, Pendiri Advokasi untuk Inklusi Disabilitas (Audisi) Indonesia Bahrul Fuad mengatakan semestinya tindakan perundungan yang dialami oleh penyandang disabilitas bisa dicegah oleh orang-orang di sekelilingnya. 

"Tapi ini entah apa yang terjadi di masyarakat kita, empati kemanusiaannya sudah mulai terkikis. Penyandang disabilitas juga manusia meskipun secara fisik berbeda," ungkap Bahrul, dalam Primetime News, Senin 17 Juli 2017.

Bahrul mengatakan meskipun secara fisik dan mental berbeda dari orang kebanyakan, penyandang disabilitas tetap memiliki perasaan. Bisa merasa sedih, senang, dan sudah semestinya diperlakukan sebagai manusia, sama seperti yang lainnya.

Sayangnya, sering kali hambatan utama yang dihadapi oleh penyandang disabilitas adalah lingkungan sosial. Sikap, perilaku dan tindakan masyarakat terhadap penyandang disabilitas terkadang tidak mampu menempatkan mereka sebagai sesama manusia. 

"Selama ini penyandang disabilitas mengalami stigma negatif bahwa mereka adalah kelompok yang layak ditertawakan. Ini tugas bagi semua untuk mulai menyadarkan masyarakat bahwa penyandang disabilitas juga manusia," katanya.

Bahrul mengakui bahwa terkadang orang-orang di sekeliling korban perundungan tak mampu melerai atau mencegah aksi bullying lantaran takut ikut jadi sasaran. Namun, Bahrul menyatakan bahwa masyarakat tak perlu takut mencegah aksi bullying yang terjadi di depan mata.

"Karena sekali lagi bahwa membela penyandang disabilitas berarti membela kemanusiaan. Ketika menghormati penyandang disabilitas itu tumbuh, masyarakat kita juga akan lebih baik," jelas Bahrul.




(MEL)

KPK Kantongi Bukti Baru Kasus Novanto

KPK Kantongi Bukti Baru Kasus Novanto

17 minutes Ago

KPK menyatakan telah mengantongi bukti baru dari tersangka kasus korupsi KTP-el, Setya Novanto.

BERITA LAINNYA