Menpan RB: Pelaku Pungli Harus Diumumkan

Riyan Ferdianto    •    Selasa, 18 Oct 2016 19:00 WIB
pungli
Menpan RB: Pelaku Pungli Harus Diumumkan
Menteri Perdayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. (MI/Panca Syurkani)

Metrotvnews.com Jakarta: Menteri Perdayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengeluarkan surat edaran terkait perintah Presiden Joko Widodo tentang pembetantasan pungutan liar ( pungli ). Selasa (18/10/2016).

Dalam surat edaran tersebut, Asman meminta hasil penindakan pelaku pungli diumumkan secara rutin kepada seluruh aparatur sipil negara agar bisa menimbulkan efek jera.

"Saya minta agar hasil-hasil penindakan diumumkan secara rutin kepada seluruh aparatur sipil negara di lingkungan instansi pemerintah masing-masing. Dengan demikian bisa memberikan pelajaran dan efek jera bagi aparatur lainnya sehingga tidak melakukan perbuatan serupa," ujar  Menteri Asman Abnur dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Selasa (18/10/2016)

Asman menuturkan ,langkah-langkah efektif untung pemberantas pungli antara lain mengindetifikasi area yang berpotensi terjadi pungli dan melakukan langkah-pangkah yang efektif untuk memberantas pungli.

"Selain itu, menindak tegas aparatur sipil negara yang terlibat pungli, dan ketiga melakukan investigasi lebih mendalam untuk menjaring keterlibatan oknum-oknum lain," ujar Asman.

Asman juga mengajak seluruh pimpinan pemerintah untuk mengembangkan sistem pelayanan berbasis teknologi infomasi (TI), untuk mengurangi pertemuan langsung antara pemberi dan penerima layanan. 

Selain itu, pimpinan pun haru s meningkatkan sistem pengawasan internal. Para pimpinan instansi pemerintah juga diminta menugaskan APIP untuk mendorong dan memantau langkah-langkah pencegahan dan deteksi terjadinya pungli

"Selain itu harus dilakukan upaya meningkatkan integritas aparatur sipil negara di lingkungan masing-masing," imbuh Asman.


(LDS)