Volume Lalin Sepanjang Libur Panjang tak Naik Signifikan

Nur Azizah    •    Jumat, 21 Apr 2017 23:11 WIB
lalu lintas
Volume Lalin Sepanjang Libur Panjang tak Naik Signifikan
Kendaraan memadati ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 12. Foto: Antara/Risky Andrianto

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Jasa Marga memperkirakan volume lalu lintas jelang libur panjang Isra Mikraj meningkat 3,65 persen.  AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru menilai kenaikan volume kendaraan tidak terlalu signifikan.

Heru memprediksi, gerbang tol yang akan mengalami peningkatan yakni gerbang tol Cibubur Utama Jalan tol Jagorawi. Pada kondisi normal volume lalu lintas di GT Cibubur Utama sekitar 100 ribu kendaraan.

"Saat libur naik menjadi 103,9 ribu kendaraan. Ini tidak terlalu signifikan," kata Geru dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Jumat, 21 April 2017.

Heru menjelaskan, penyebab volume tak melojak tinggi dikarenakan adanya Surat Pengaturan Angkutan Barang Pada Periode Libur Panjang No. AJ.201/I/8/DRJD/2017. Aturan ini dikelurakan  Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pada Kamis, 20 April 2017.

Dalam aturan itu menyatakan, angkutan barang tiga sumbu akan dialihkan ke kantong-kantong parkir atau ke jalan non-tol jika kondisi arus lalu lintas di jalan tol padat. Selain itu, kenaikan volume lalin yang tidak terlalu signifikan juga dipengaruhi  adanya dua momen libur dalam satu bulan.

"Yaitu libur panjang wafat Isa Al Masih pada pekan lalu dan peringatan Isra Mikraj pekan ini, sehingga pengguna jalan tol memiliki pilihan waktu mudik. Dampaknya, volume lalin pun terdistribusi tidak dalam satu tempo waktu yang bersamaan sehingga," terangnya.

Puncak volume lalu lintas yang keluar dari Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama di Ruas Tol Jakarta-Cikampek diprediksi terjadi pada hari ini, Jumat, 21 April kenaikan volume lalin sekitar 2,11% dari lalu lintas normal.

 “Pada kondisi normal volume lalin yang melintas sekitar 88 ribu kendaraan, maka pada Libur Isra Mi’raj volume lalu lintas puncak diperkirakan akan mencapai 90 ribu kendaraan pada hari ini,” ujar Heru.


(SUR)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

1 hour Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA