3.515 Sertifikat Tanah Diserahkan kepada Masyarakat Surakarta

Antara    •    Minggu, 16 Oct 2016 12:26 WIB
sertifikat tanah gratis
3.515 Sertifikat Tanah Diserahkan kepada Masyarakat Surakarta
Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil/ANT/Widodo S Jusuf

Metrotvnews.com, Surakarta: Presiden Joko Widodo menyerahkan 3.515 sertifikat tanah program strategis 2016 di Surakarta, Jawa Tengah, hari ini. Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil mengatakan, penyerahan sertifikat dilakukan secara simbolis kepada 12 perwakilan dari 12 kabupaten di Jawa Tengah.

"Dengan adanya sertifikat ini, akan lebih ada kepastian hukum atas kepemilikan lahan warga di daerah ini," kata Sofyan di Surakarta, Minggu (16/10/2016).

Sofyan menjelaskan, 12 sertifikat akan diserahkan kepada Eko Bagus Markullah dan Sarif Sri Asih dari Kabupaten Pemalang, Dastro dari Kabupaten Pemalang sertifikat nelayan, Slamet Raharjo dan Jumini dari Kabupaten Klaten, dan Baidowi dari Kabupaten Kudus. Jenis sertifikat merupakan sertifikat prona.

Mirkhan dari Kabupaten Kudus sertifikat pertanian, Margiyati dari Kabupaten Kendal sertifikat UKM. Selanjutnya Muhrim dan Djamaluddin dari Kabupaten Temanggung berupa sertifikat Prona, Mintarjo dari Kabupaten Banjarnegara sertifikat pertanian, dan Iman Riyadi dari Kabupaten Purbalingga sertifikat Prona.

Khusus Kota Surakarta, pihaknya hanya akan menyerahkam empat sertifikat. Sebab, hampir semua tanah di kota kelahiran Jokowi itu sudah bersertifikat.

Pihaknya juga akan menyerahkan delapan sertifikat di Kabupaten Wonogiri, sepuluh di Boyolali, dan sepuluh di Pati. Sedangkan 12 sertifikat diserahkan kepada warga asal Kabupaten Karang Anyar, 95 Kudus, 105 Pemalang, dan Klaten 217 sertifikat.

Selanjutnya, 203 sertifikat akan diserahkan kepada warga Grobogan, Demak 300 sertifikat, Kendal 300, Temanggung 704, Banjarnegara 751, dan Purbalingga 751.

Sertifikat, kata Sofyan, memberi ketenangan bagi masyarakat. Surat tersebut juga bisa dijadikan jaminan peminjaman modal usaha. Masyarakat tak perlu lagi meminjam uang kepada rentenir yang membuat perekonomian mereka semakin sulit.


(OJE)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA