Kemenkimfo Minta Facebook Perkuat Aturan Konten Negatif

Ilham wibowo    •    Selasa, 21 Mar 2017 18:33 WIB
media sosial
Kemenkimfo Minta Facebook Perkuat Aturan Konten Negatif
Kabiro Humas Kemenkominfo Noor Iza/MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Aturan konten tayangan dalam media sosial perlu diperkuat. Fitur baru yang dikembangkan sering kali dijadikan celah pengguna menyebarkan informasi negatif.

Kepala Biro Humas Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Noor Iza mengatakan, pihaknya segera bekerja sama dengan aplikasi jejaring sosial yang digemari di Indonesia, seperti Facebook. Kerja sama diharapkan bisa menangkal penyebaran informasi negatif.

"Mana yang harus di-take down, selalu kita lakukan. Apabila ada masalah langsung kita komunikasikan," kata Noor di kantor Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Jalan Temu Umar, Jakarta Pusat, Selasa 21 Maret 2017.

Noor menuturkan, penerapan aturan pencegahan tersebut harus lebih ketat. Kebebasan akses menyaksikan konten dewasa maupun informasi pedofil, kata dia, berdampak lebih buruk bila juga dilakukan oleh anak-anak.

"Seperti disampaikan pak Menteri Kominfo (Rudiantara), Indonesia harus posisikan diri ketat dan kuat. Kita tidak perlu terapkan seketat China, kalau kita kontennya saja yang diatur, bukan aplikasinya (yang ditutup)," ujar Noor.

Noor membeberkan, celah penyebaran konten negatif dalam dunia digital sulit dihindari lantaran perkembangan yang begitu masif. Noor memastikan, pihaknya terus mengupayakan menindak akun medsos penyebar konten negatif.

"Ini dunia digital, dunia nyata pun begitu. Begitu kita monitoring dan evaluasi dan mulai ketahuan, tanda-tanda atau diagnosis, dari situ baru kita bergerak," ujar dia.


(OJE)