Industri Kreatif Jakarta Perlu Dibenahi

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 18 Oct 2016 03:32 WIB
industri kreatif
Industri Kreatif Jakarta Perlu Dibenahi
Pengunjung melihat komik Indonesia. (ANT/Ari Bowo Sucipto).

Metrotvnews.com, Jakarta: Industri ekonomi kreatif di Jakarta masih perlu perhatian khusus dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Salah satu bidang ekonomi kreatif yang masih perlu banyak perhatian adalah bidang seni dan tulisan.

Seorang penulis, Dian S. Andryanto bersama penulis lainnya mengaku masih mengalami kesulitan untuk menerbitkan buku di Ibu Kota. Salah satu karyanya yang berjudul #sayabelajarhidup SIMFONI masih diproduksi secara mandiri.

"Buku-buku kita diterbitkan independen. Jadi enggak di dalam mainstream penerbitan buku besar," kata Dian di Jakarta, Senin (17/10/2016).

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah memiliki program perpustakaan elektornik untuk membangun ekonomi kreatif. Namun Dian merasa program tersebut masih perlu diperbaruhi dari sektor pemberdayaan.

Dian berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa benar-benar mewadahi dan memberdayakan para pelaku ekonomi. Dia bilang perlu ada campur tangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyokong industri ekonomi kreatif seperti yang dia lakoni.

"Mudah-mudahan Pemerintah dapat menggali potensi-potensi para penulis yang ada saat ini dan mengoptimalkan lagi penulis berbakat," tandas dia.

Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menerangkan, industri kreatif menyumbang tujuh persen dari produk domestik bruto. Diperkirakan tahun 2025 akan tumbuh sampai 12 persen. "Ini kesempatan kita untuk mengembangkan industri ekonomi kreatif," terang Sandi.

Karena itu, Sandi berkeinginan untuk mewadahi pembinaan para sumber daya manusia pelaku industri ekonomi kreatif. Dia bilang industri ekonomi kreatif Jakarta punya peluang untuk membuka lebih banyak lapangan pekerjaan.

"Kita sudah pikirkan hal itu, mas Anies sudah godok program untuk menghidupkan para penulis dan kebudayaan di Jakarta. Sedangkan saya (Sandi) akan membuat sektor ekonomi kreatif tumbuh pesat di Jakarta," tandas Sandi.


(AZF)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA