Pramuka Rekrut Duta Media Sosial

Fauzan Hilal    •    Rabu, 22 Feb 2017 15:00 WIB
pramuka
Pramuka Rekrut Duta Media Sosial
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault. Foto: MI/Palce Amalo

Metrotvnews.com,Jakarta: Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka bakal merekrut 120 anggota Pramuka di seluruh Indonesia buat menjadi Duta Media Sosial (Medsos). Tujuannya, mengoptimalkan potensi daerah, pariwisata, perekonomian dan lain sebagainya.
 
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, mengatakan, setiap kwartir daerah (Kwarda) akan mengutus 3 orang perwakilan yang sudah diseleksi terlebih dahulu.
 
Para duta ini akan mendapat pelatihan pembuatan dan pendistribusian konten di Jakarta. "Nanti di Jakarta mereka akan dibekali, setelah itu dikembalikan ke daerah masing-masing untuk menjadi Duta Medsos. Transportasi dan akomodasi kami tanggung,” kata Adhyaksa dalam keterangan tertulisnya, Rabu 22 Februari 2017.
 
120 anak-anak itu akan diajarkan praktik pembuatan dan pendistribusian konten. Tujuannya, agar materi yang diposting di laman medsos dapat membantu kerja pemerintah dan pemerintah daerah mempromosikan pariwisata, produk lokal, kuliner, budaya, dan potensi daerah lewat media sosial.
 
Adhyaksa Dault menambahkan, sejak 2013 Kwarnas Gerakan Pramuka fokus memaksimalkan potensi generasi muda di internet. Berbagai lomba pembuatan konten telah kita adakan.
 
“Kita berhadap kepada Kwartir Daerah agar tiga orang pramuka yang dikirim mengikuti program duta medsos ini, benar-benar yang aktif mempromosikan daerahnya di media sosial,"  jelas Mantan Menpora 2004-2009 ini.
 
Sementara itu, Hariqo Wibawa Satria, selaku penangungjawab website dan media sosial Kwarnas Gerakan Pramuka menjelaskan, program ini bentuk apresiasi Kwarnas Pramuka terhadap para pelajar.
 
“Saya setiap hari minimal empat jam memonitoring medsos, yang memposting hoax dan hal negatif di medsos itu sedikit, yang memposting hal positif di medsos itu banyak," tandas Hariqo Wibawa di lokasi Rakernas Gerakan Pramuka.


(FZN)