Djarot Resmikan 100 RPTRA di Jakarta

Intan fauzi    •    Rabu, 11 Oct 2017 00:16 WIB
peresmian rptra
Djarot Resmikan 100 RPTRA di Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan 100 RPTRA. MTVN/ Intan F

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan 100 ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA) di Jakarta. Acara peresmian diramaikan dengan penampilan dari 100 keyboardist.

Djarot mengatakan, ia tak hanya ingin meninggalkan warisan sekedar fisik saja. Namun lebih dari itu, RPTRA harus menjadi tempat mewariskan sistem dan nilai.

Dia bilang, sistem dan nilai yakni menyangkut toleransi, keberagaman yang terus menerus diterbarkan mulai di interbal pemerintahan hingga masyarakat

"Sistem dan nilai untuk mau peduli pada yang lemah, sistem nilai yang benar-benar menghargai hak-hak orang lain dan lebih mendahulukan kewajiban kita," kata Djarot di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa 10 Oktober 2017.

Sistem dan nilai itu lah, kata Djarot, yang akan ditanamkan di RPTRA. Sebab, menurut dia, RPTRA merupakan tempat pembelajaran warga yang paling baik untuk berbagu, toleransi, kerjasama, berlatih, dan berbagi satu sama lain.

"Oleh karena itu RPTRA terbuka untuk semua tanpa membedakan apa sukunya, apa agamanya, apa sosial ekonominya, dan darimana kamu berasal," jelas Djarot.

Djarot mengatakan, itu semua menjadi alasan Pemprov DKI gencar membangun RPTRA. Sistem dan nilai tersebut yang akan memperbaiki kehidupan sosial di Jakarta.

"Kalau tidak gitu, kehidupan Jakarta sangat keras, warga tidak peduli satu sama lain, tingkat stres tinggi. Makanya butuh satu ruang terbuka untuk bisa berbagi," ucap Djarot.

Di samping itu eks gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berpesan supaya Djarot dapat menyelesaikan 100 RPTRA yang dibangun dengan APBD itu sebelum lengser pertengahan Oktober ini. Sebab pembangunan RPTRA menjadi peninggalan penting bagi warga Jakarta.

"Pak Ahok berpesan, 'Mas tolong dikawal RPTRA, betul-betul dikawal kalau bisa kejar 100 RPTRA bisa diresmikan saat mas Djarot masih jadi gubernur'," kenang Djarot.

Pembangunan 100 RPTRA menghabiskan anggaran sebanyak Rp152,5 miliar. RPTRA itu tersebar di enam wilayah Provinsi DKI Jakarta termasuk Kepulauan Seribu.

Penyebaran lokasi RPTRA antara lain yakni 15 lokasi RPTRA di Jakarta Pusat, 20 lokasi di Jakarta Utara, 20 lokasi di Jakarta Timur, 20 lokasi di Jakarta Selatan, 20 lokasi di Jakarta Barat, dan lima lokasi di Kepulauan Seribu. Pembangunan dilakukan sejak 5 Juli 2017 dan rampung awal Oktober ini.


(SCI)