Berita Hoax Buah dari Konsekuensi Kecanggihan Teknologi

Ilham wibowo    •    Senin, 09 Jan 2017 06:46 WIB
hoax
Berita <i>Hoax</i> Buah dari Konsekuensi Kecanggihan Teknologi
Warga ikut berpartisipasi membubuhkan cap jari tangan saat Deklarasi Masyarakat Jakarta Anti Hoax di Jakarta. MI/ Bary Fathahilah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Dewan Pers Jimmy Silalahi menilai kehadiran berita hoax merupakan buah dari konsekuensi kecanggihan teknologi. Pembuatan serta penyebaran informasi benar maupun bohong kini mudah dilakukan.

"Kita tinggal buat blog pribadi dengan mengambil berita dari media tertentu atau dengan membuat konten sendiri dengan maksud tertentu. Ini merupakan konsekuensi dari kencangihan teknologi yang memang tidak bisa kita hindatri," kata Jimmy dalam program Prime Time News Metro Tv, Minggu (8/1/2017).

Ia juga menilai upaya pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Informatika (Kominfo) memblokir situs yang berisi muatan hoax tidak bisa serta merta menutup kemunculan ribuan situs hoax lainnya. Masyarakat sebagai penerima informasi juga mesti mendapatkan edukasi memilih situs yang akan dijadikan referensi.

"Tentu saja (penanganan situs berita hoax) harus secara pararel. Kita ingatkan kepada masyarakat. Bentengnya ada di masyarakat," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Pegiat Safenet Damar Juniarto menuturkan, sebuah situs berita yang bisa dijadikan referensi perlu menjunjung memiliki kaidah etika jurnalistik. Isi konten juga mesti mengakomodasi dua belah pihak yang menjadi objek pemberitaan.

"Sehingga berita tidak selalu tendensius dan satu pihak," ucap dia.

Menurut Damar, aturan untuk memblokir situs hoax yang dilakukan pemerintah mesti jelas. Ia sepakat tidak semua pembuat situs berita melakukan keberimbangan. Segala kepentingan bisa dilakukan dalam pembuatan situs tersebut.

Meski demikian, lanjur Damar, sah saja apabila situs tersebut muatannya tidak mengancam nyawa maupun melakukan diskriminasi. Menurut dia, situs dengan konten seperti ini masih masuk dalam kebebasan berekspresi.

"Harus ada kesadaran pemilahan, tidak serta merta karena alasan dia tidak mempunyai izin, penerapan etika jurnalistik, kemudian (situs) ditutup," jelas Damar.


(SCI)

Novanto tak Pakai Infus dan Oksigen Pascaoperasi

Novanto tak Pakai Infus dan Oksigen Pascaoperasi

2 hours Ago

Novanto pada Senin, 18 September 2017 diketahui telah menjalani operasi pemasangan ring jantung…

BERITA LAINNYA