Hario Kecik Tengah Persiapkan Sebuah Buku

Renatha Swasty    •    Minggu, 17 Aug 2014 16:41 WIB
veteran
Hario Kecik Tengah Persiapkan Sebuah Buku
Hario Kecik di RS Mitra Keluarga, Bekasi Barat--Renatha/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Pejuang veteran 1945 Soehario Padmo Diririo atau yang biasa dikenal Hario Kecik tengah terbaring di rumah sakit. Sebelum jatuh dan tak sadarkan diri, Hario tengah menulis sebuah buku.

Hario yang pernah ikut dalam peristiwa perobekan bendera Belanda menjadi bendera Indonesia di Hotel Yamato, Surabaya dikenal sebagai anak emas Bung Karno. Diduga karena ke tidaksukaan segelintir orang di Pemerintahan Orde Baru, Hario lantas 'dibuang' dan dijauhkan.

Hal ini tak membuat Hario berdiam diri. Dengan menulis buku, dia membesarkan kembali masa-masa perjuangan.

"Menulis buku itu supaya orang ingat lagi sama sejarah zaman dulu, kalau enggak begitu hilang nanti semua enggak ada yang ingat," kata anak kedua Hario, Gerindro Hananto Seno ditemui di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Barat, Minggu (17/8/2014).

Sampai saat ini sudah belasan buku di tulis pria berusia 93 tahun itu, antara lain tiga autobiografi, sembilan buku pemikiran militer, serta lima novel. "Kemarin sebelum jatuh, lagi menulis buku lagi, buat buku yang ke sepuluh (pemikiran militer)," imbuh dia.

Diketahui, secara tiba-tiba Hario terjatuh di kamar rumahnya pada 30 Juli 2014, sejak saat itu Hario dirawat intensif di Rumah Sakit. Dua hari belakangan, kesehatan Hario sudah membaik namun, karena sudah berumur, pemulihan untuk Hario sedikit terhambat.


(YDH)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA