Jutaan Hektare Habitat Gajah di Indonesia Terancam Musnah

Arga sumantri    •    Selasa, 22 Mar 2016 02:37 WIB
binatang langka
Jutaan Hektare Habitat Gajah di Indonesia Terancam Musnah
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbayadi Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian LHK, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (21/3/2016). Foto: MTVN/ Arga Sumantri.

Metrotvnews.com, Jakarta: Habitat gajah di Indonesia semakin berkurang, 1,67 juta hektare habitat gajah nyaris musnah..

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya membeberkan, saat ini ada tiga kantong populasi gajah yang berisiko tinggi mati habitatnya.

"Di sekitar Aceh dengan risiko kira-kira 334.540 hektare, Riau 633.837 hektare, lalu area Jambi 689.803 hektar. Total 1,67 hektare," kata Siti di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian LHK, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (21/3/2016).

Menurut Siti, faktor yang dominan membuat habitat gajah berisiko mati lantaran gencarnya pembukaan lahan yang terorganisasi. Hal itu, kata Siti semakin marak terjadi sejak 2008.

Siti bilang jumlah habitat gajah yang berisiko tinggi mati bisa saja terus bertambah. Siti memprediksi jumlahnya bisa mencapai 2,96 juta hektare.

"Kalau tidak hati-hati potensial bertambah. Pemerintah mewaspadai itu, kita mengantisipasi dan menjaga kantong-kantong populasi gajah," ungkap Siti.

Periode 2014 hingga 2016, Siti menyebut ada 83 gajah liar yang mati di habitatnya. Paling banyak terjadi di Riau, yang mencapai 44 ekor. Kemudian di Aceh, 26 ekor gajah mati.

Di Lampung ada 11 ekor gajah yang mati di habitatnya. Lima ekor gajah di Bengkulu, Jambi empat gajah, Sumsel dua gajah , dan Sumut satu gajah.

"Rata karena diracun, dan sebagaian karena perburuan," jelas Siti.

Sementara, di pusat latihan gajah, selama 2014 hingga 2016, ada 11 gajah yang mati. Sedangkan, yang lahir ada delapan ekor.

"Berarti kalau memang begitu situasinya, karena memang habitatnya terjepit," ungkap Siti.

Kementerian LHK terus mencatat masukan-masukan soal sebab dan upaya yang diperlukan buat mengatasi masalah habitat gajah. Data yang dilaporkan para aktifis dan media di lapangan, bakal jadi acuan Kementerian LHK.
 


(DEN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA