Sebar Kebaikan, Pramuka Diminta Belajar Kaidah Jurnalistik

Fauzan Hilal    •    Jumat, 10 Feb 2017 17:00 WIB
pramuka
Sebar Kebaikan, Pramuka Diminta Belajar Kaidah Jurnalistik
Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault. Foto: MI/Palce Amalo

Metrotvnews.com, Jakarta: Semua anggota Pramuka diminta belajar kaidah jurnalistik. Hal itu penting untuk menyebarkan kebaikan melalui website maupun media sosial.
 
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengajak setiap kwartir Daerah (Kwarda) berlajar banyak pada pers untuk mengoptimalkan website sebagai wadah informasi organisasi.
 
Dalam mengembangkan website itu, Adhyaksa meminta  seluruh anggota Pramuka belajar kepada wartawan di daerah dalam menulis berita. Bahkan, sebelum memiliki website, anggota pramuka dapat memanfaatkan media sosial (medsos) dalam menyampaikan informasi sesuai kaidah jurnalistik.
 
"Sekarang setiap daerah sudah punya website, dan setiap anak Pramuka memiliki media sosial. Kwarnas Gerakan Pramuka punya motto, setiap Pramuka adalah kantor berita," ujar Adhyaksa Dault dalam keterangan persnya, Jumat 10 Februari 2017.
 
Pada langkah awal, Kwarnas Gerakan Pramuka mengadakan lomba video reportase, pada minggu ketiga Februari. Dalam lomba ini, setiap anggota Pramuka dengan telepon genggamnya bisa melaporkan tentang apapun. Baik itu melaporkan soal pariwisata, produk lokal, pasar tradisional, kuliner, budaya, dan lain sebagainya.
 
"Dalam lomba video itu, peserta bisa menyampaikan laporan yang benar, bernilai dan bermanfaat bagi masyarakat”, imbuh Adhyaksa
 
Adhyaksa yakin, dengan kaidah jurnalistik yang benar, kebaikan akan mudah disebar dan diterima masyarakat. Ia meminta Pramuka memahami profesi jurnalis. Apalagi profesi itu kini banyak diminati anak muda. "Banyak anak muda yang kepincut menjadi jurnalis," ujarnya.


(FZN)