Pramuka Ekspresikan Semangat Pancasila Lewat Foto

Fauzan Hilal    •    Minggu, 03 Jul 2016 13:46 WIB
pramuka
Pramuka Ekspresikan Semangat Pancasila Lewat Foto
Foto karya Soebijanto, peserta lomba foto Pramuka Pancasila

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 10 anggota Pramuka memenangkan foto kreatif terhadap Pancasila. Pengumuman itu diposting di akun media sosial (medsos) Facebook Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Adhyaksa Dault.
 
“Salam hormat saya untuk semua fotografer dan semua yang ada di foto. Salam untuk keluarga Adik-Adik. Saya suka semua karya ini. Demikian dari saya, sekali lagi, hormat terdalam saya untuk kreatifitas serta kesungguhan semua peserta,” kata Adhyaksa, Minggu (3/7/2016).
 
Lomba ini diikuti 1000 lebih peserta dari seluruh Indonesia. Mereka mengirimkan karyanya lewat medsos maupun email. Setelah diseleksi sesuai kriteria panitia, seribuan foto itu menjadi 490 foto.
 
Dari 490 itu dipilih 10 foto terbaik, lima dipilih oleh juri dan lima dipilih oleh pengguna Facebook dengan memberikan `like`. Masing-masing pemenang mendapat hadiah uang tabungan sebesar Rp 2 juta.


Foto karya Sigit, peserta lomba foto Pramuka Pancasila 

Ketua panitia lomba foto Fajrin Hakim mengatakan, ide lomba ini sangat diapresiasi pengguna medsos.
 
“Lomba ini digagas oleh Adhyaksa Dault dalam rangka Hari Pancasila bulan Juni lalu, kebetulan Adhyaksa juga lahir di bulan Juni. Hadiahnya juga dari Adhyaksa, kita adakan selama 20 hari di bulan Juni kemarin,” kata Fajrin.
 
Sebelumnya, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) periode2004-2009 berpesan pada generasi muda agar nilai-nilai Pancasila bisa direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari.
 
Selain itu, dia juga memuji generasi muda yang menyebarkan nilai-nilai Pancasila dalam bentuk video, foto, poster, melalui media sosial, sehingga mampu menjangkau dunia.
 
“Generasi sekarang mempunyai kemampuan luar biasa. Harus diapresiasi dan dorong terus,” kata Adhyaksa Dault.


(FZN)