Jokowi-Ahok-Djarot Wariskan Standar Pembangunan DKI Jakarta

Intan fauzi    •    Rabu, 11 Oct 2017 06:04 WIB
dki jakarta
Jokowi-Ahok-Djarot Wariskan Standar Pembangunan DKI Jakarta
Jokowi mengucapkan selamat kepada Djarot setelah dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta. Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengyatakan, Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta selama 2012-2017 telah memberikan catatan sejarah terkait sistem pemerintahan di Indonesia. Hal itu tak terlepas dari peran gubernur dan wakil gubernur yang menjabat dalam kurun waktu tersebut.

"Lima tahun Jakarta pernah dipimpin tiga gubernur yang satu sama lain tidak bisa dipisahkan antara Bapak Joko Widodo, diteruskan Bapak Basuki Tjahaja Purnama, dan sekarang saya kebagian yang terakhir memberikan sentuhan terakhir, Djarot Saiful Hidayat," kata Djarot saat peresmian 100 RPTRA di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa 10 Oktober 2017.

Dia bilang, baik Jokowi, Ahok, maupun Djarot tak bisa dilepaskan. Ketiganya telah meletakkan dasar-dasar pembangunan di Jakarta.

Dalam kesempatan peresmian 100 RPTRA, diputarkan pula kaleidoskop kepemimpinan Jokowi, Ahok, sampai Djarot. Djarot menganggap video berdurasi sekitar tujuh menit itu sebagai kenang-kenangan bahwa Jakarta tidak bisa dibangun sendiri, melainkan melibatkan seluruh komponen.

Djarot menilai, banyak standar yang sudah diletakan Jokowi-Ahok-Djarot dalam pembangunan Jakarta. Penggunaan teknologi misalnya, penting dalam membangun tata kelola pemerintahan yang bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Di era Jokowi, sistem transportasi telah diubah menjadi berbasis rel dan bus. Djarot mengatakan, tahun 2018 sudah dapat dirasakan hasil pembangunan mass rapid transit (MRT) fase I. Bus Transjakarta kini pun, lanjut Djarot, semakin baik dengan minimnya bus mogok dan terbakar.

Selain itu, Djarot meyakinkan, pengelolaan kali di Jakarta semakin bagus sehingga kali nampak bersih. Semua itu tercermin dalam tingkat kepuasan warga terhadap kinerja Jokowi-Ahok-Djarot.

"Standar ditunjukkan dengan kepuasan publik yang cukup tinggi, lebih dari 70 persen publik puas dengan apa yang sudah dibangun di Jakarta," tukas Djarot.


(SCI)

Saat Setnov Tak Menjawab Pertanyaan Hakim Tipikor

Saat Setnov Tak Menjawab Pertanyaan Hakim Tipikor

9 minutes Ago

Setya Novanto menjalani sidang perdana sebagai terdakwa dalam kasus dugaan korupsi KTP-el. Namu…

BERITA LAINNYA