BPOM Pastikan PCC di Kendari Produk Ilegal

Arga sumantri    •    Jumat, 15 Sep 2017 16:49 WIB
obat berbahaya
BPOM Pastikan PCC di Kendari Produk Ilegal
Ilustrasi/MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan obat Paracetamol Cafein Carisoprodol (PCC) yang membuat semaput 52 remaja di Kendari produk ilegal. Obat itu diproduksi dan diedarkan secara liar.

Direktur Bidang Pengawasan Distribusi Obat BPOM Hans G. Kakerissa mengatakan, hasil uji laboratorium menunjukkan obat PCC itu mengandung zat kimia terlarang digunakan sebagai obat. "Lalu diedarkan orang tidak bertanggung jawab. Mereka memanfaatkan ini untuk bisnis," kata Hans kepada Metrotvnews.com, Jumat 15 September 2017.

Hans menegaskan, BPOM sudah menetapkan PCC sebagai produk ilegal. Surat izin terbitnya juga sudah dicabut sejak lama.

Menurut Hans, peredaran obat ilegal, terutama PCC, sulit diawasi. Sebab, pola edarnya mirip peredaran narkoba.

"Kendari itu kan perorangan, artinya liar," ucap dia.

Hans menyebut obat PCC sebenarnya tidak bakal ditemukan di toko obat resmi. Namun, kasus Kendari dipastikan menjadi bahan evaluasi.

"BPOM akan terus meningkatkan insentifikasi pengawasan," ujar dia.

Puluhan anak berusia 15-22 tahun dilarikan ke sejumlah rumah sakit di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, karena mengalami gejala gangguan mental usai mengonsumsi obat-obatan, seperti somadril, tramadol, dan PCC. Ketiga jenis obat itu dicampur dan diminum secara bersamaan menggunakan minuman keras oplosan. 

Akibatnya, seorang siswa kelas 6 sekolah dasar meninggal. Sedangkan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kendari paling banyak menangani korban.

Hingga 14 September pukul 14.00 WIB, Kementerian Kesehatan mencatat ada 60 korban penyalahgunaan obat-obatan yang dirawat di tiga RS, yakni RS Jiwa Kendari (46 orang), RS Kota Kendari (9 orang), dan RS Provinsi Bahteramas (5 orang). Sebanyak 32 korban dirawat jalan, 25 korban rawat inap, dan 3 orang lainnya dirujuk ke RS Jiwa Kendari.


(OJE)

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

41 minutes Ago

Partai Golkar tengah diterjang badai saat Ketua Umum Setya Novanto ditahan karena tersandung ka…

BERITA LAINNYA