Eagle Awards Documentary Competition Hadirkan Antology Film Dokumenter Kesehatan

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 18 Oct 2016 21:52 WIB
eagle awardeagle awards documentary competition
Eagle Awards Documentary Competition Hadirkan Antology Film Dokumenter Kesehatan
Yayasan Eagle Institute Indonesia (EII) kembali menyelenggarakan Eagle Awards Documentary Competition (EADC) ke-12. (MTVN/Annisa Ayu A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Yayasan Eagle Institute Indonesia (EII) kembali menyelenggarakan Eagle Awards Documentary Competition (EADC) ke-12. Kali ini Eagle Awards Documentary Competition hadir dengan tema Indonesia Sehat.

Head of Business & Development Program EII, Tedika Puri Amanda, mengatakan, ruang lingkup kesehatan tidak bisa berdiri sendiri karena menyangkut banyak hal seperti, kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, pelayanan kesehatan, inovasi dan pembangunan, partisipasi publik.

Melalui film bertema Indonesia Sehat, EII ingin mengajak kaum intelektual muda Indonesia untuk kembali berpikir secara kritis dan memberikan alternatif sudut pandang terhadap realitas perkembangan kesehatan dan seluruh dinamikanya di Indonesia.

"Eagle award tahun ini dipertemukan oleh Kementerian kesehatan sangat romantis. Di kelima film ini kita cukup lebih melihat masalah kesehatan. Ini membuka mata tentang kesehatan, karena permasalahan di kesehatan sangat kompleks ada persoalan, infrastruktur, kesehatan, pendidikan," kata Tedika dalam konferensi pers di Cinema XXI, Plaza Indonesia, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Eagle Awards Documentary Competition 2016 saat ini telah sampai pada tahap premiere 5 film yang disutradarai oleh lima pasang finalis, yang masing-masing berasal dari Aceh, Papua, Jakarta, Jombang, dan Lampung.

DaIam premier tahun ini, Eagle Awards Documentary Competition juga akan memutar film pembuka berjudul '7 Bintang. Film ini disutradrai oleh Jastis Arimba. Dalam premier film turut dihadiri  oleh Menteri Kesehatan Nila F Moeloek.

Nila mengatakan, sangat mengapresiasi kompetisi ini. Dengan adanya film dokumenter tentang kesehatan, maka akan membuka mata kalau masalah kesehatan tidak hanya masalah pengobatannya saja.

"Saya sangat menghargai ide membuat eagle award ini. Kali ini topiknya indonesia. Saya ucapkan terima kasih. Mengapa diangkat kesehatan ini adalah membuktikan kesehatan penting sekali. Dari film yang menang itu, kesehatan itu bukan dari satu sisi, sakit diobati sembuh. Tapi ternyata buat masalah yang luas lagi," ucap Nila.

Selain itu, Ia sangat berharap melalui film dokumenter dapat membuka mata Indonesia, bahwa kesehatan sangat penting untuk menumbuh dan membangun generasi hebat kedepannya.

Ada pun film-film yang menjadi finalis kompetisi ini adalah:
1. Kutukan Tak Bertuan.
2. Mama Amamapare.
3. Programmer Cilik.
4. Aku Perlu Tahu.
5. Sketsa Dua Kisah.


(LDS)