Mentan Sebut Mahasiswa STTP Wajib Hasilkan Temuan Baru

M Rodhi Aulia    •    Minggu, 16 Oct 2016 09:21 WIB
pertanian
Mentan Sebut Mahasiswa STTP Wajib Hasilkan Temuan Baru
Menteri Pertanian Amran Sulaiman memberi kuliah umum di STTP Gowa, Sulsel, Sabtu 15 Oktober/MTVN/M Rodhi Aulia

Metrotvnews.com, Gowa: Menteri Pertanian Amran Sulaiman memberikan kuliah umum di Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP), Gowa, Sulawesi Selatan. Amran menantang setiap angkatan menghasilkan temuan baru di bidang pertanian.

"Satu alumni, ada penemuan baru. Wajibkan mereka," kata Amran, Sabtu, 15 Oktober 2016.

Amran mendesak mahasiswa mendapatkan mata kuliah khusus di samping mendapatkan mata kuliah reguler. Amran berharap masing-masing mahasiswa memiliki keahlian spesifik.

"Caranya adalah persoalan bangsa terkait pertanian dibawa ke sini. Dibedah dan diselesaikan," ujar dia.

"Satu ahli benih, benih saja yang dia tahu, sampai akhir hayatnya. Kita ini terlalu banyak yang kita tahu, tapi sedikit. Akhirnya tidak ada yang jadi," imbuh dia.

Amran langsung memerintahkan jajarannya membantu STPP mendapatkan pembekalan. Amran memiliki 1.128 pakar dan ahli yang siap memberikan pembekalan.

"Rampungkan ini pak Kepala Badan, aku ingin ini STPP, menjadi contoh di republik ini bahkan di Asia," ujar dia.


Mahasiswa STTP Gowa mendengarkan kuliah umum Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Gowa, Sulsel, Sabtu 15 Oktober/MTVN/M Rodhi Aulia

Amran juga mengingatkan mahasiswa meningkatkan kedisiplinan. Ia tidak ingin mahasiswa menyia-nyiakan waktu selama menempuh pendidikan.

"Masa depanmu ditentukan hari ini. Masa depan Anda tergantung Anda. Tidak akan berubah nasib Anda, kalau bukan Anda sendiri yang berubah. Jangan menunggu keluarga. Jangan menunggu sepupu. Itu karakter jelek. Kalah ada orang mengeluh, pasti gagal," ucap dia.

Amran juga menantang mahasiswa untuk mandiri dan tidak lagi meminta uang kepada orang tua. Banyak jalan menjadi mandiri dan petarung karena kehidupan pascakampus, lebih keras.

"Anda bisa mencuci piring di rumah orang. Anda bisa jadi tukang becak (untuk bertahan hidup). Cari yang halal. Mulai hari ini, jangan meminta kepada orang tuamu," kata Amran yang diamini mahasiswa.


(OJE)

KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

4 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA