Jokowi Akan Beri Nama Empat dari Tujuh Badak yang Baru Lahir

Arga sumantri    •    Selasa, 22 Mar 2016 02:50 WIB
binatang langka
Jokowi Akan Beri Nama Empat dari Tujuh Badak yang Baru Lahir
Seekor badak yang tertangkap kamera. Foto: MI/RAINHARD MARLAN/REPRO BALAI TNUK.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tujuh ekor badak lahir dalam tempo beberapa bulan terakhir. Hal itu memberikan angin segar terhadap upaya penyelamatan satwa langka bercula tersebut.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menjelaskan jumlah itu menambah daftar Badak yang ada di Taman Nasional.

"Di Taman Nasional ada 57, sekarang lahir tujuh jadi gimana kita enggak bergembira," kata Siti di Gedung Manggalawanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (21/3/2016).

Siti langsung melaporkan hal itu kepada Presiden Joko Widodo. Rencananya, empat dari tujuh badak yang lahir akan diberi nama langsung oleh Jokowi.

"Tiga lainnya akan kita mintakan dari daerah untuk diberikan nama," lanjut Siti.

Siti menyebut, secara menyeluruh, pengembangan program konservasi satwa dilindungi di Indonesia naik sekitar 10 persen. Hal itu dinilai positif dalam rangka menjaga satwa dilindungi yang populasinya terus menyusut.

Sabtu 12 Maret, seekor Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) berhasil ditemukan dalam lubang perangkap (pit trap) di hutan Kalimantan. Dalam kurun waktu lima dekade terakhir, ini adalah kali pertama Badak Sumatera dapat diamati secara langsung di habitatnya di Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur.
 


(DEN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA