Usai Bagikan Sertifikat, Jokowi: Boleh untuk Modal Usaha dari Bank

Pythag Kurniati    •    Minggu, 16 Oct 2016 15:17 WIB
sertifikat tanah gratis
Usai Bagikan Sertifikat, Jokowi: Boleh untuk Modal Usaha dari Bank
Suasana pembagian sertifikat gratis pada warga di Kotabarat, Solo, Jateng, Minggu (16/10/2016). (Metrotvnews.com/Pythag Kurniati)

Metrotvnews.com, Solo: Presiden Joko Widodo membagikan 3.515 sertifikat lahan pada masyarakat dari 15 kabupaten di Jawa Tengah. Presiden berpesan agar penerima memanfaatkan sertifikat dengan bijaksana, tidak konsumtif.

Pemberian sertifikat dilakukan di Lapangan Kotabarat, Solo, Jateng, Minggu 16 Oktober. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memanggil salah seorang penerima sertifikat lahan asal Desa Jatirejo, Pemalang, Eko Bagus.

“Sertifikatnya mau dipakai untuk apa,” tanya Jokowi.

Baca: 3.515 Sertifikat Tanah Diserahkan kepada Masyarakat Solo

Eko yang memiliki usaha konveksi mengaku akan mengagunkan sertifikatnya untuk mendapat kredit dari bank. “Saya masukkan ke bank dan belikan mesin jahit,” kata dia.

“Sangat boleh kalau mau dipakai menambah modal usaha dari bank. Tapi ingat, harus dihitung, dikalkulasi, ojo anggere utang mawon (jangan asal utang saja),” pesan Jokowi.

Di tempat yang sama, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil mengungkapkan, nominal sertifikat yang diagunkan ke bank mencapai Rp52 triliun. “Kita harap semua dana itu bisa digunakan untuk tujuan produktif,” kata dia.

Sofyan melaporkan di wilayah Jawa Tengah dari keseluruhan 21,2 juta bidang, sebanyak 9,3 juta bidang telah bersertifikat. “Masih ada sekitar 12 juta bidang tanah di Jawa Tengah yang harus segera kita rampungkan sertifikatnya,” pungkas dia.


(SAN)

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

Janji Djarot Buat Warga Kalimati Jakarta Barat

12 hours Ago

Djarotberjanji akan memperbesar puskesmas dan membangun infrastruktur yang dibutuhkan warga.

BERITA LAINNYA